Connect with us
ROG GL504
Featured

Daftar Smartphone Kece yang Lahir di MWC 2017

Published
mwc2017
Vivo V11 Pro

Berakhirnya event MWC 2017 di Barcelona menjadi babak baru persaingan smartphone tahun ini. Pada event besar tersebut, tak sedikit vendor yang memberikan kejutan dengan merilis smartphone ataupun ponsel kebanggaan mereka. Lalu ponsel apa saja yang resmi rilis pada MWC tahun 2017 ? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

LG G6

harga lg g6 image 6

Tepat pada hari minggu kemarin LG resmi merilis LG G6. Mengalami penurunan profit pada penjualan LG G5, nyatanya tak membuat LG Mobile berhenti berinovasi. Ya, mereka berharap dengan dirilisnya LG G6 menjadi titik kebangkitan LG. Hadir dengan konsep modular, desain LG G6 terlihat sangat sederhana. Bagian bodi dilapisi oleh metal dan kaca. Pada bagian belakang smartphone terdapat dual kamera beresolusi 13 MP serta pemindai sidik jari.

Sedangkan bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 5 MP dan layar qHD 5,7 inci dengan ratio 18: 9. Untuk dapur pacu, LG menyematkan processor Snapdragon 821 yang didukung dengan RAM 4 GB dan GPU Adreno 530. Agar dapat bekerja dengan efisien, LG G6 dibekali baterai cukup besar berkapasitas 3.300 mAh.

Huawei P10 dan Huawei P10 Plus

huawei p10

Kejutan besar datang dari vendor ternawa asal Tiongkok, Huawei. Pasalnya pada event MWC 2017 kemarin, mereka resmi merilis dua smartphone sekaligus, yakni Huawei P10 dan Huawei P10 Plus. Keduanya hadir dengan mengusung processor dan GPU yang sama yakni HiSilicon Kirin 960 dan GPU MP8 Mali-G71.

Namun, kedua smartphone ini memiliki perbedaan pada ukuran serta jenis layarnya. Huawei P10 menggunakan layar Full-HD 5,1 inci sementara Huawei P10 Plus mengunakan layar 5,5 inci berjenis qHD.

Pada seri Huawei P10 Anda akan menemukan RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB serta baterai 3.200 mAh, sedangkan Huawei P10 Plus hadir dengan pilihan RAM 4 GB atau 6 GB, penyimpanan internal 64 GB atau 128 GB dengan baterai yang lebih besar, yakni 3.750 mAh.

Huawei P10 Plus Header

Bagian paling diandalkan dari kedua smartphone ini adalah kameranya. Tak diragukan lagi, kamera Leica yang disematkan pada kedua smartphone tersebut bekerja dengan luar biasa. Huawei P10 mengandalkan Dual Kamera (20 MP dan 12 MP) Regular Edition dengan bukaan f/2.2. Sementara Huawei P10 plus lebih superior lagi karena menggunakan dual kamera Leica 2.0 Pro Edition yang juga terdiri dari dua sensor, 20 MP dan 12 MP dengan bukaan f/1.8.

Untuk kamera selfienya, Huawei P10 dan Huawei P10 Plus menggunakan kamera beresolusi 8 MP dengan bukaan f/1.9. Sedangkan untuk OS, keduanya sama-sama menggunakan Andorid 7.0 Nougat yang dibungkus dalam UI kebanggaan Huawei, EMUI 5.1

BlackBerry KEYone

blackberry keyone image 1

Sesuai dengan prediksi kami sebelumnya, Blackberry merilis smartphone baru mereka pada ajang MWC tahun ini. Ya, BlackBerry KEYone atau BlackBery Mercury siap untuk diperjualbelikan. Bentuk dan desain sendiri dirancang oleh TCL Communications. Pada bagian depan Anda akan menemukan layar Full-HD berukuran 4,5 inci serta sebuah keyboard QWERTY.

Bicara soal spesifikasi, Blackberry KEYone dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 625, GPU Adreno 506 dan RAM 3 GB. Untuk mengikuti trend kamera saat ini, BB KEYone mengusung kamera belakang 12 MP dan kamera depan 8 MP. Berbeda dengan BlackBerry lainnya, BlackBerry KEYone menggunakan OS Andorid 7.1 Nougat.

Nokia 3, 5, dan 3310

Dengan merilis tiga ponsel sekaligus pada ajang MWC kemarin, menjadi bukti bangkitnya Nokia dari keterpurukannya. Ya, Nokia resmi merilis Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 3310.

nokia 3 image 3

Nokia 3 sendiri adalah smartphone entry-level yang dibingkai dengan bahan alumunium dan polycarbonate. Selain sudah menggunakan OS terbaru Nougat 7.1, Nokia 3 juga dilengkapi dengan prosesor Mediatek 6737, RAM 2 GB, Memori Internal 16 GB dan layar HD berukuran 5,0 inci. Anda juga akan menemukan kamera depan dan belakang beresolusi 8 MP.

harga nokia 5

Selanjutnya ada Nokia 5. Sama seperti Nokia 3, Smartphone ini juga menggunakan layar HD 5,0 inci serta sistem operasi Nougat 7.1. Namun, agar memiliki performa yang lebih baik ketimbang Nokia 3, Nokia menyematkan processor Qualcomm Snapdragon 430, penyimpanan internal 16 GB, dan RAM 2 GB. Selain itu, kamera pada Nokia 5 juga lebih handal dari Nokia 3 sebab kamera belakang memiliki resolusi 13 MP, serta kamera depan wide-angle 8 MP.

nokia 3310 2017 image 5

Momen yang paling menarik adalah rilisnya ponsel legenda milik Nokia, Nokia 3310. Ponsel ini tidak dapat disebut sebuah smartphone. Namun, beberapa kelebihan seperti baterai yang dapat bertahan hingga 31 hari menjadi nilai jual tersendiri. Anda dapat melihat spesifikasi lengkapnya atau melihat perbedaan Nokia 3310 (2017) dengan versi lamanya di bawah ini. Tak hanya merilis smartphone, Nokia juga memberikan berita gembira. Ya, kini Nokia 6 akan dipasarkan secara Global.

Motorola Moto G5 dan Moto G5 Plus

moto g5

Tak mau kalah dengan produsen lain, di MWC tahun ini Lenovo merilis dua smartphone kebanggaanya, Moto G5 dan Moto G5 Plus. Dua smartphone dengan penampilan serupa namun berbeda pada ukuran dan jeroannya.

Moto G5 memiliki layar LCD berukuran 5,0 ​​inci yang ditenagai oleh processor Snapdragon 430 dan RAM 2 atau 3 GB. Selain itu, Moto G5 memiliki kamera belakang 13 MP dengan aperture f/2.0 lengkap dengan fitur face detection, LED flash dan autofocus serta kamera depan 5 MP dengan aperture f/2.2.

Sedangkan Moto G5 Plus hadir dengan layar 5,2 inci dengan prosesor yang lebih kuat yakni Snapdragon 625 berkecepatan 2.0 GHz. RAM-nya juga tersedia dalam tiga varian mulai dari 2 GB, 3 GB dan 4 GB. Pada bagian kamera, Moto G5 Plus menggunakan Kamera belakang 12 MP berteknologi “dual autofocus pixels” dengan bukaan f/1.7, sedangkan kamera depannya beresolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2.

Sony Xperia XA1 dan Sony Xperia XA1 Ultra

xperia xa

Sony memberikan kejutan besar di event MWC tahun ini. Tidak hanya merilis satu atau dua smartphone, Sony merilis empat smartphone sekaligus. Pada seri Xperia XA1 ada dua smartphone yang mereka hadirkan yakni Sony Xperia XA1 biasa dan Sony Xperia XA1 Ultra.

Keduanya memiliki desain khas milik Sony, mereka menyebutnya dengan istilah borderless edge-to-edge screen. Sony Xperia XA1 mengusung layar Full-HD berukuran 5,0 inci sedangkan Sony Xperia XA1 Ultra menggunakan layar Full-HD berukuran 6 inci, keduanya memiliki bezel yang sangat tipis bahkan hampir tidak terlihat.

Untuk performanya, Sony Xperia XA1 dipersenjati dengan processor MediaTek Helio P20 dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Sementara Sony Xperia XA1 Ultra juga menggunakan processor MediaTek Helio P20 namun dengan RAM lebih besar, yakni 4 GB.

Tak hanya itu saja, jangan bilang Sony jika tidak menghadirkan kamera yang canggih. Pasalnya kedua smartphone ini sama-sama memiliki kamera berkualitas tinggi. Kamera belakang Sony Xperia XA1 dan Sony Xperia XA1 Ultra sama-sama beresolusi 23 MP dengan bukaan f/2.0. Sedangkan untuk kamera depan , Sony Xperia XA1 hadir dengan resolusi 8 MP dan Sony Xperia XA1 Ultra menggunakan kamera depan yang lebih besar yakni 16 MP.

Sony Xperia XZ Premium dan Sony Xperia XZs

harga sony xperia xz premium image 5

Dua smartphone dari Sony berikutnya adalah Sony Xperia XZ Premium dan Sony Xperia XZs. Sony Xperia XZs dibekali processor Snapdragon 820, RAM 4 GB dan memori internal 32 GB. Selain itu, dengan layar sebesar 5.2 inci smartphone ini menjadi penerus seri Xperia Compact. Sedangkan Sony Xperia XZ Premium hadir dengan processor terbaru Snapdragon 835 , RAM 4 GB dan memori Internal 64 GB. Pada bagian layar Sony Xperia XZ Premium menggunakan layar berukuran 5.5 inci berteknologi 4K.

Daya tahan baterai Sony Xperia XZ Premium dan Sony Xperia XZs juga terpaut angka yang lumayan jauh. Karena Sony Xperia XZs hanya menggunakan baterai berkapasitas 2.900 mAh, sementara Sony XZ Premium menggunakan baterai berkapasitas 3.230 mAh. Terlepas dari semua jeroan yang dihadirkan, keduanya memiliki kamera yang luar biasa.

harga sony xperia xz premium image 6

Bagaimana Tidak? Sony Xperia XZ Premium dan Sony Xperia XZs menggunakan kamera belakang 19 MP dengan berbagai fitur diantaranya Exmor RS sensor, 5-axis image stabilization dan mode HD slow-motion yang dapat berjalan pada 960 frame/ second.

Energizer Energy E550LTE

Tak mau ketinggalan, produsen baterai Energizer memberikan kejutan besar dengan merilis smartphone baru Energizer Energy E550LTE. Dari bentuk dan desainnya smartphone ini telihat sangat kuat dan tahan banting. Ditambah lagi, Energizer Energy E550LTE bersertifikat IP68 yang artinya tahan terhadap serangan air dan debu.

energizer

Disisi dapur pacu Energy E550LTE dibekali prosesor Mediatek MTK6755 berkecepatan 2.0 GHZ, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB. Energy E550LTE memiliki layar Full HD berukuran 5.5 inci dengan resolusi (1.920 x 1.080 piksel). Untuk menambah nilai jual, Energy E550LTE menggunakan kamera belakang 13 MP dan kamera selfie 8 MP.

Dan itulah beberapa ponsel dan smartphone yang resmi dirilis pada Ajang MWC 2017 lalu. Intinya, setiap smartphone dan ponsel pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersediri. Kira-kira dari daftar ponsel diatas, Anda lebih tertarik yang mana? Tulis dikolom komentar beserta alasannya ya.

Comments

Wajib baca

Populer