Daftar Smartphone Apple yang Rilis Sejak 2007 Hingga Sekarang

Mendengar kabar bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus resmi diperjualbelikan di Indonesia, sontak mengingatkan kami dengan sederet smartphone berlogo Apple yang pernah rilis. Ya, produknya memang selalu tenar, tapi apakah Anda ingat tipe dan seri iPhone apa saja yang telah Apple luncurkan? Untuk mengingatkan Anda kembali, kami akan mengulas daftar iPhone dari tahun 2007 hingga sekarang.

iPhone 2G (2007)

iphone 2g

Apple benar-benar berdampak besar pada kemajuan teknologi smartphone. Bukti nyatanya dapat kita lihat dari lahirnya iPhone 2G, ponsel layar sentuh multi-touch terbesar saat itu. Walau belum mendukung perekaman video dan hanya mendukung foto saja, iPhone 2G sudah menggunakan jaringan 2G yang menjadikannya ponsel tercepat kala itu, karena memang jaringan seluler masih sebatas teknologi EDGE saja.

Pada acara perilisannya, Steve Jobs juga memamerken kecanggihan iPhone 2G mengakses Google Maps dimana ia memesan 4000 cangkir kopi di Starbuck via telepon. Mungkin hal ini terdengar biasa di masa kini, namun di tahun 2007 iPhone 2G menjadi yang tercanggih.

iPhone 3G (2008)

iphone 3g

Pada ajang WWDC 2008, Apple memperkenalkan versi lanjutan iPhone 2G, mereka menamainya iPhone 3G. Sesuai dengan namanya, iPhone 3G mendukung jaringan yang lebih cepat yakni HSDPA alias 3G. Tetapi pembaharuan yang paling berkesan terletak pada sisi sofwarenya yaitu iOS 2.0, yang mana pada sistem operasi inilah App Store dilahirkan. Dari situlah jutaan aplikasi muncul dan tersedia untuk sebuah perangkat mobile. Tak hanya itu saja, lahirnya App Store juga membawa dampak besar pada industri mobile gaming.

iPhone 3Gs (2009)

Selang setahun kemudian Apple kembali merilis seri baru iPhone 3G, yaitu iPhone 3Gs. Dari sinilah tradisi seri S pada iPhone tercipta. Dalam acara peluncurannya, Apple mengungkapkan bahwa “S” pada iPhone 3Gs bermakna Speed. Itu berarti bahwa iPhone 3Gs dua kali lebih cepat dari kakaknya, iPhone 3G. Selain itu, iPhone 3Gs menjadi ponsel pertama Apple yang mendukung perekaman video.

iPhone 4 (2010)

iphone 4

Jika hanya ada sedikit update pada iPhone 3G ke iPhone 3G lain halnya pada iPhone 4. Apple memakeover ponsel ini dengan menghadirkan desain baru yang lebih tipis dibanding sebelumnya. Menggunakan sistem operasi iOS 4, Apple membekali iPhone 4 dengan sederet fitur-fitur keren yang belum pernah ada pada sebuah perangkat mobile kala itu seperti fitur multitasking hingga layanan video call bernama facetime. Tak heran jika iPhone 4 berhasil memikat hati banyak orang.

iPhone 4s (2011)

Rilisnya iPhone 4s menjadi sejarah baru bagi Apple. Karena selang sehari setelah perilisannya, Steve Jobs meninggal dunia. Dari segi desain tidak ada perubahan. Embel embel S yang ada pada iPhone 4s sendiri berarti Siri (asisten suara buatan Apple). Selain itu, iPhone 4s juga menggunakan iOS 5.0 yang dilengkapi dengan fitur iCloud dan iMassage.

iPhone 5 (2012)

iphone 5

Diperkenalkan pada tahun 2012, iPhone 5 datang dengan konsep dan desain baru. Bentuknya lebih tipis, lebih ringan, dan sedikit lebih memanjang karena iPhone 5 menggunakan layar berukuran 4 inci dengan aspect-ratio 16:9. Smartphone ini dibekali dengan processor Apple A7 dengan RAM 1 GB. Tak hanya itu saja, pada iPhone 5 inilah Apple memperkenalkan port baru bernama Lightning.

iPhone 5C (2013)

iphone 5c

Pada tahun 2013 iPhone kembali merilis seri iPhone 5 dengan tambahan C dibelakangnya. Ternyata C ini bermakna Choice yang dalam bahasa Indonesia berarti pilihan. So, jeroan iPhone 5C sama persis dengan iPhone 5 sebelumnya, hanya saja iPhone 5C tersedia dalam banyak pilihan warna seperti kuning, hijau, hitam, merah, pink dan masih banyak lainnya.

iPhone 5s (2013)

iphone 5s

Setahun kemudian iPhone kembali merilis iPhone 5, namun kini dengan embel-embel "S". Makna "S" disini adalah Security alias keamanan. Ya, iPhone 5s menjadi ponsel pertama yang menggunakan sensor sidik jari yang lebih dikenal dengan nama TouchID. Untuk urusan dapur pacu, Apple menyematkan processor 64 bit pada iPhone 5s. Dengan performanya yang kencang, iPhone 5s sanggup merekam video slow-motion.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus (2014)

iphone 6

Setelah sukses pada penjualan seri iPhone 5, pada tahun 2010 iPhone merilis dua smartphone sekaligus. Ada banyak perubahan yang diusung, mulai dari ukuran layar yang lebih besar yakni 4, 7 inci untuk iPhone 6 dan 5, 0 inci untuk iPhone 6 Plus.

Bodinya juga lebih tipis dan desain yang lebih mewah serta kuat karena terbuat dari bahan metal. iPhone 6 dan iPhone 6 Plus juga dibekali dengan chipset NFC sehingga pengguna dapat melakukan pembayaran elektronik melalui Apple Pay.

iPhone 6s (2015)

Setahun kemudian iPhone kembali merilis seri iPhone, yakni iPhone 6s. Datang dengan sederet perubahan nyata seperti bodi yang lebih kokoh, fitur 3D Touch, resolusi kamera yang ditingkatkan menjadi 12 MP, processor terbaru yang lebih cepat yakni Apple A8. Selain itu, terdapat juga versi dengan layar lebih besar yaitu iPhone 6s Plus dan smartphone ini tersedia dalam tiga varian warna terbaru diantaranya Silver, Space Grey dan Rose Gold.

iPhone SE (2016)

iphone se

Tahun 2016 Apple memberikan kejutan dengan merilis iPhone SE. Pihak Apple mengungkapkan bahwa mereka ingin menghadirkan smartphone berukuran mungil dengan harga yang lebih murah namun memiliki jeroan yang tak kalah cepat dengan pendahulunya. Di Indonesia sendiri peminatnya tergolong sedikit karena lebih memilih perangkat Android.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

iphone 7

Yang terbaru adalah iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Keduanya datang dengan beberapa perubahan seperti hilangnya jack audio, desain tombol home yang baru, desain yang lebih keren dan yang pasti dapur pacu yang lebih ngebut. Perbedaan antara iPhone 7 dan 7 Plus sendiri hanya terletak pada ukuran, jumlah kamera dan kapasitas RAM-nya saja. Seperti yang sudah kami katakan di awal, kini iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dijual dengan garansi resmi di Indonesia.

Dan Itulah sederet ponsel yang pernah dirilis oleh Apple. Rumornya, iPhone 7S akan dirilis pada tahun 2017 dan iPhone 8 menyusul pada tahun depan, kita nantikan saja ya.

(last edit: 16 May, 2017 / 8:39 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
73%
Mau
6%
Biasa Aja
10%
Payah!
15%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.