D-Tap, Layanan Pembayaran via NFC dari Indosat

Indosat resmi meluncurkan D-Tap pada Kamis (13/08). D-Tap merupakan layanan pembayaran dengan teknologi berbasis NFC (Near Field Communication). Peluncuran D-Tap ini dilatarbelakangi oleh maraknya layanan pembayaran non tunai serta tingginya pertumbuhan smartphone yang mendukung teknologi NFC di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Dengan adanya D-Tap, Indosat berharap dapat memperluas ekosistem pembayaran elektronik khususnya untuk layanan transportasi publik.

Layanan D-Tap terbagi dalam dua bentuk, yakni kartu dan SIM Card. Layanan D-Tap yang berbasis SIM Card sendiri diklaim akan menjadi layanan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi standar pembayaran contactless internasional. Dalam dua hingga tiga bulan ke depan, layanan ini akan segera hadir di beberapa transportasi umum, merchant-merchant, dan lokasi-lokasi lain yang saat ini sedang dikembangkan oleh tim Indosat.

Layanan uang elektronik berbasis chip ini akan bersinergi dengan layanan mobile payment berbasis server milik Indosat, yakni Dompetku. Dalam waktu dekat ini, pelanggan Indosat Dompetku juga dapat melakukan pengisian saldo D-Tap melalui aplikasi Indosat Dompetku. Selain itu, pengisian saldo D-Tap dapat dilakukan juga melalui berbagai agen D-Tap yang tersebar di berbagai wilayah.

Layanan D-Tap sendiri merupakan hasil kerja sama antara Indosat bersama Sony FeliCa, Jepang selama satu tahun terakhir. Sony FeliCa telah terbukti berhasil mengembangkan teknologi NFC di Jepang (Suica) dan Hongkong (Octopus) dan saat ini telah memiliki 600 juta kartu beredar. Indonesia adalah negara ketiga setelah Jepang dan Hongkong, dimana Sony FeliCa beroperasi. Dengan kerjasama ini, Indosat D-Tap akan dapat digunakan di seluruh lokasi yang telah mengadopsi teknologi NFC, seperti KRL Jabodetabek, proyek transportasi umum lain, dan merchant-merchant yang telah memiliki reader atau infrastruktur NFC.

(last edit: 16 August, 2015 / 8:55 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
60%
Mau
0%
Biasa Aja
20%
Payah!
20%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.