Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX502
Featured

Cuma Rp2 Jutaan, Ini Alasan Nokia X5 Bisa jadi Idola Baru

Setelah merilis Nokia X6, HMD Global melanjutkan kejutannya dengan menghadirkan Nokia X5. Smartphone ini berpotensi bisa mengganggu pasar smartphone kelas menengah yang ada saat ini.

Updated

Setelah menemukan momentum untuk bangkit dari keterpurukan, kini Nokia lewat tangan HMD Global semakin percaya diri untuk merilis sederetan smartphone yang berkualitas. Lihat saja, pada awal tahun ini mereka memperlihatkannya lewat ajang MWC 2018 di Barcelona.

Ya! Pada ajang pameran teknologi mobile tahunan tersebut HMD Global memperkenalkan empat smartphone, yakni Nokia 1, Nokia 6 (2018), Nokia 7 Plus dan Nokia 8 Sirocco, serta satu buah feature phone, yakni Nokia 8110 4G.

Tak sampai disitu, pabrikan smartphone asal Finlandia tersebut belum lama ini juga telah merilis Nokia X6, yang berlanjut dengan memperkenalkan Nokia X5. Hanya saja, keduanya dipasarkan secara eksklusif di pasar Cina.

Kini, Nokia X6 sudah resmi hadir di pasar global dan datang dengan nama baru, yakni Nokia 6.1 Plus. Begitu juga dengan Nokia X5, disebut-sebut smartphone ini pun akan diboyong ke pasar global dan akan datang dengan nama Nokia 5.1 Plus.

Jika melihat pesona dan performa yang ditawarkan, sepertinya Nokia X5 juga tak kalah menarik ketimbang Nokia X6. Bahkan diperkirakan, smartphone ini punya peluang besar untuk merusak pasar kelas menengah. Benarkah? Inilah empat alasannya.

Ikut berponi

Bisa dibilang, Nokia X5 tak memiliki desain yang begitu berbeda jika dibandingkan dengan Nokia X6. Ya! HMD Global berhasil mengemas smartphone ini dengan desain yang begitu nyentrik dan kekinian. Hal ini terpampang dari layar yang diusung.

Nokia X5 datang dengan bentang layar berukuran 5,86 inci, meskipun kekurangannya ada pada resolusi yang diusung, yakni masih HD+. Satu hal yang tak kalah menarik, smartphone ini hadir dengan model bezel-less dan ada poni pada bagian atas layarnya.

Smartphone ini juga tiba dengan membawa ukuran dimensi yang tidak terlalu besar plus sudut-sudut melengkung. Bisa dipastikan, handling dari smartphone ini juga sangat baik. Desain kece plus poni, tentu saja akan menjadi lawan terbaik dari smartphone kelas menengah yang ada saat ini.

Helio P60

Diposisikan sebagai smartphone kelas menengah, Nokia X5 datang dengan chipset MediaTek Helio P60. Bisa dikatakan, otak yang tertanam di dalam smartphone ini sejajar dengan chipset milik Qualcomm, yakni Snapdragon 660 yang juga dipakai oleh banyak smartphone yang kita kenal. Skor AnTuTu-nya mencapai 130 ribuan poin.

Guna menyokong MediaTek Helio P60 yang disematkan, tak ketinggalan HMD Global juga melengkapi smartphone ini dengan pilihan RAM sebesar 3 GB/4 GB serta storage berkapasitas 32 GB/64 GB. Sekali lagi, spesifikasi yang dibenamkan tentu saja tak bisa dianggap remeh oleh kompetitor.

Dual-camera AI

Smartphone yang disokong oleh satu kamera belakang dianggap sudah ketinggalan zaman. Oleh karenanya, HMD Global pun tak mau dianggap seperti itu. Nokia X5 datang dengan dukungan dual-camera belakang dengan konfigurasi 13 MP + 5 MP.

Dukungan dual-camera belakang yang disematkan juga sudah dilengkapi dengan dual-tone LED flash. Dukungan lainnya adalah PDAF, efek foto bokeh, dan tak ketinggalan sejumlah mode fotografi yang juga dilengkapi dengan teknologi AI.

Kamera depan samrtphone ini memiliki resolusi 8 MP yang ditopang aperture f/2.0. Guna memanjakan para penyuka selfie, kamera depan Nokia X5 juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, seperti AI beauty, AI stickers, AI bokeh, dan dual-view shooting.

Keamanan ganda

Kamera depan juga bisa digunakan sebagai fitur untuk membuka kunci melalui pemindaian wajah. Meski begitu, Nokia X5 juga masih dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang perangkat.

Tentu saja, dukungan keamanan ganda ini bisa menjadi nilai tambah dari Nokia X5. Dengan begitu, pengguna yang memiliki perangkat ini benar-benar merasa aman ketika menyimpan banyak data penting ke dalam Nokia X5.

Harga miring

 

Guna menggaet banyak pembeli, HMD Global menjual smartphone rakitannya ini dengan harga yang miring alias terjangkau. Bagaimana tidak, smartphone ini tersedia eksklusif di pasar Cina dengan harga 999 Yuan atau sekitar Rp2,1 juta untuk varian RAM 3 GB + ROM 32 GB.

Baca juga

Sedangkan untuk Nokia X5 yang dikemas dengan RAM 4 GB + ROM 64 GB dibanderol seharga 1.399 Yuan atau sekitar Rp2,9 juta. Jelas, smartphone besutan HMD Global ini akan dianggap lebih menarik di mata para pecinta gadget. Bagaimana menurut kalian?

ROG_Zephyrus_S_GX502
Comments

Populer