CPU MediaTek Helio X30 Mendukung RAM 8 GB, Rilis Tahun Depan

Saat ini, hanya MediaTek saja yang memiliki lini prosesor deca-core di kelas smartphone. Dua prosesor deca-core tersebut, yakni Helio X20 dan Helio X25, bahkan sudah digunakan di smartphone terbaru Xiaomi Redmi Pro. Tidak puas dengan koleksi dua prosesor deca-core, MediaTek bakal segera menambah lagi koleksinya.

Baru-baru ini COO MediaTek, Zhu Shangzu, memberikan bocoran informasi mengenai prosesor deca-core terbaru yang sedang disiapkan perusahaan asal Taiwan itu. Prosesor ini akan dinamakan MediaTek Helio X30, membawa sepuluh inti core, serta dibuat dengan proses fabrikasi 10 nm.

Sepuluh inti core tersebut terdiri dari dua core Cortex-A73 dengan codename Artemis berkecepatan 2,8 GHz, empat core Cortex-A53 berkecepatan 2,2 GHz, serta empat core Cortex-A35 berkecepatan 2.0 GHz. MediaTek Helio X30 juga bakal mendukung teknologi LTE Cat 10-12 serta penggunaan RAM DDR4 hingga kapasitas 8 GB.

Sementara untuk mengolah grafis seperti menjalankan game dengan grafis 3D, di dalamnya terdapat GPU besutan PowerVR, bukan lagi Mali seperti pada Helio X20 dan Helio X25. Penggunaan GPU PowerVR sendiri karena dinilai lebih hemat daya namun tetap bisa menyajikan performa tinggi. Rencananya MediaTek Helio X30 baru akan ditemui di smartphone flagship pada awal 2017 mendatang.

(last edit: 29 July, 2016 / 9:53 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
68%
Mau
5%
Biasa Aja
5%
Payah!
21%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.