CPU 10-core MediaTek Helio X20 Diisukan Overheat

Anda tentu masih ingat dan paham betul adanya masalah overheat pada prosesor Snapdragon 810 besutan Qualcomm. Prosesor yang digunakan di banyak smartphone kelas atas tersebut menghasilkan suhu tinggi di atas rata-rata, contohnya pada Sony Xperia Z3 series atau HTC One M9.

Masalah yang sama dilaporkan juga terjadi dan dialami oleh prosesor kelas atas terbaru MediaTek Helio X20. Prosesor dengan sepuluh inti core pertama di dunia ini juga menghasilkan panas yang cukup tinggi dan membuat beberapa produsen seperti Xiaomi, Lenovo, atau HTC berpikir ulang untuk menggunakannya.

Langkah yang sama sebelumnya sudah dilakukan oleh Samsung ketika mereka membatalkan niat untuk menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 810 pada Galaxy S6 series. Langkah tersebut ternyata tepat dan menghindarkan Samsung dari masalah overheat.

MediaTek Helio X20 sendiri dirancang dengan fabrikasi 20nm, lebih kecil dibanding Helio X10 dengan fabrikasi 28nm. Sebenarnya, semakin kecil fabrikasinya, semakin rendah pula suhu yang dihasilkan. Namun banyaknya jumlah core serta tingginya kecepatan prosesor yang mencapai 2,5 GHz bisa jadi sangat menguras tenaga dan membuat suhu jadi tinggi.

(last edit: 3 February, 2016 / 6:05 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
33%
Mau
3%
Biasa Aja
7%
Payah!
57%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Huawei P10. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.