Asisten Pintar Cortana akan Berduet dengan OS Cyanogen

Hampir semua sistem operasi mobile, seperti Android, iOS, dan Windows Phone kini sudah dilengkapi dengan asisten pribadi, tak terkecuali sistem operasi Cyanogen yang berbasis Android. Meski sudah dilengkapi dengan Google Now, Cyanogen berencana untuk mengadopsi Cortana pada sistem operasi terbarunya.

Kirt McMaster, co-founder dan CEO dari Cyanogen mengonfirmasi bahwa mereka akan mengintegrasikan Cortana pada OS Cyanogen versi terbaru. Integrasi ini tidak dilakukan melalui instalasi aplikasi third party, tetapi akan diintegrasikan pada framework Cyanogen.

Cyanogen dan Microsoft juga sedang bekerjasama untuk menghadirkan beberapa aplikasi mobile buatan Microsoft, seperti Office, OneDrive, dan Skype ke dalam sistem operasi Cyanogen yang berbasis Android. OS Cyanogen sendiri digunakan oleh beberapa perangkat seperti OnePlus One, ZUK Z1, Willeyfox, dan yang lainnya.

Sebelumnya, Microsoft sudah merilis Cortana versi beta untuk platform Android. Namun versi beta tersebut baru tersedia untuk regional Amerika Serikat. Belum diketahui kapan Cortana versi final untuk Android akan dirilis oleh Microsoft. Microsoft juga berencana untuk menghadirkan Cortana dalam bahasa Indonesia.

(last edit: 13 September, 2015 / 6:37 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
100%
Mau
0%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Aqmal Maulana

Pengguna Sony Xperia Z1. Awalnya bekerja sebagai hardware reviewer di majalah CHIP Indonesia serta jurnalis di Metro TV News, Aqmal yang begitu antusias dengan perkembangan teknologi PC dan gadget.