Connect with us
Tech News

Co-founder Huawei: HongMeng Lebih Gesit dari Android

Di-ban oleh Amerika Serikat memacu Huawei untuk membuat sistem operasi mobile sendiri, yakni HongMeng OS. Diklaim oleh CEO sekaligus co-founder-nya sendiri, HongMeng OS dikatakan lebih gesit dari Android.

Updated

Akhir pekan lalu Donald Trump sudah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa Huawei boleh kembali berbisnis dengan perusahaan-perusahaan asal Amerika Serikat. Perkataan tersebut diucapkan saat Trump ikut hadir dalam pertemuan negara G-20 di Osaka, Jepang.

Tentu saja, ucapan yang keluar dari mulut Trump jadi angin segar bagi Huawei. Artinya, Huawei bisa kembali bergandengan tangan dengan Google dan beberapa perusahaan teknologi lainnya yang berasala dari Amerika Serikat.

Kembali bekerja sama dengan Google, tentu saja Huawei bakal kembali diizinkan untuk menggunakan sistem operasi Android. Lantas, bagaimana dengan rencana Huawei yang begitu semangat untuk mengembangkan sistem operasinya sendiri, HongMeng OS?

Adalah CEO dan co-founder Huawei, Ren Zhengfei yang belum lama ini berseloroh bahwa Huawei tidak akan mengabaikan pengembangan HongMeng OS. Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Le Point, majalah di Prancis Ren mengatakan bahwa HongMeng OS akan bekerja pada banyak perangkat.

Ya! Tidak hanya sebagai sistem operasi untuk smartphone, Ren menjelaskan bahwa HongMeng OS juga bisa berjalan pada perangkat switch, router dan data center. Dalam hal itu, sistem operasi buatan Huawei ini sangat mirip dengan Fuchsia OS yang juga dibuat oleh Google.

Dari sisi performa, Ren juga mengklaim bahwa HongMeng OS memiliki kinerja yang lebih cepat gesit daripada Android. Ia juga membuat pernyataan yang sama ketika dibandingkan dengan MacOS, karena nantinya HongMeng OS juga akan muncul di laptop dan PC.

Baca juga

Tentu saja pernyataan yang keluar dari mulut Ren baru akan terbukti jika sistem operasi buatan Huawei ini benar-benar ada di pasaran. Lantas, kapan HongMeng OS tersedia secara resmi? Semua itu masih misteri karena hingga saat ini Huawei belum mau terbuka soal tanggal peluncurannya.

Comments

Populer