CEO OnePlus: Kapasitas RAM 6 GB OnePlus 3 Mungkin Tidak Efektif

Daya tarik sekaligus nilai jual OnePlus 3, selain bodi yang mewah, tak lain adalah kapasitas RAM-nya yang jumbo, mencapai 6 GB. Namun nyatanya ada sebagian pengguna OnePlus 3 yang merasa cukup lelet ketika menjalankan tiga hingga empat aplikasi sekaligus.

Dikutip dari akun Twitter CEO OnePlus, Carl Pei, kapasitas RAM jumbo pada OnePlus 3 ternyata tidak bisa digunakan sepenuhnya secara efektif. Hal ini dikarenakan OnePlus sengaja membatasinya dengan alasan untuk menghemat baterai.

twitter-op3

Sebagai smartphone flagship 5,5 inci yang membawa prosesor kelas atas Snapdragon 820, RAM 6 GB, serta kamera 16 MP, OnePlus 3 tentu memiliki konsumsi daya yang tinggi. Sayangnya OnePlus hanya membekali OnePlus 3 dengan baterai 3.000 mAh.

Namun OnePlus pun tidak tinggal diam begitu saja. Menyiasati hal ini, OnePlus bakal merilis ROM pihak ketiga dengan kernel khusus yang bisa membaca dan menggunakan seluruh kapasitas RAM 6 GB pada OnePlus 3. Ya, dengan kata lain, jika ingin merasakan RAM 6 GB secara efektif, pengguna OnePlus 3 harus menggunakan ROM khusus nantinya.

(last edit: 20 June, 2016 / 11:46 am)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
5%
Mau
0%
Biasa Aja
5%
Payah!
89%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.