Connect with us
UX370-JOE
Tech News

Cegah Smartphone Ilegal, Sistem Validasi IMEI Segera Berlaku

Droidlime.com,

/

IMEI Ponsel

Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta operator telepon seluler akan melakukan langkah sinergi untuk memvalidasi database nomor identitas asli ponsel (International Mobile Equipment Identity/IMEI).

Upaya ini sengaja dilakukan guna mencegah dan mengurangi peredaran ponsel yang masuk ke Indonesia secara ilegal. Selain itu, hal ini juga bertujuan melindungi industri dan konsumen dalam negeri.

Seperti ditegaskan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, (15/02), bahwa pada bulan April 2018 nanti data IMEI sudah terkonsolidasi. Lebih jauh, ia juga menuturkan bahwa Kementerian Perindustrian telah bekerja sama dengan Qualcomm dan di-support oleh Kominfo.

“Sistem kontrol IMEI akan dikelola oleh Kemenperin dan dapat diakses secara online oleh masyarakat. Jadi teknisnya, jika IMEI tidak terdaftar, maka tidak bisa digunakan di Indonesia,” jelas Airlangga.

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari komitmen penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kemenperin dengan Qualcomm mengenai proses validasi database IMEI yang dilakukan pada bulan Agustus 2017 lalu.

Selain itu, hal ini juga sejalan dengan amanat Peraturan Menteri Perindustrian No. 65/2016 tentang TKDN serta Peraturan Pemerintah No. 20/2017 tentang Pengendalian Impor atau Ekspor Barang yang Diduga Merupakan atau Berasal dari Hasil Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual.

“Sebagai negara berpenduduk terpadat ketiga di Asia, Indonesia jadi target pasar bagi berbagai perangkat seluler, terlebih dengan berkembangnya jaringan 4G. Namun, hal ini juga memicu masuknya perangkat ilegal yang bisa menghambat industri dalam negeri,” tambah Airlangga.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) Hasan Aula menyatakan, peredaran ponsel ilegal bisa hilang apabila ada kontrol IMEI dari pemerintah. Langkah strategis ini perlu dilakukan, disamping upaya pemusnahan ponsel ilegal.

“Tentu, yang ilegal akan mengganggu produksi dalam negeri. Jadi, kami sangat senang dengan upaya yang dilakukan pemerintah saat ini. Ke depan, kami berharap, pemerintah konsisten melakukan kontrol IMEI ponsel,” tuturnya.

Baca juga

Dari hasil penindakan oleh pemerintah, berhasil diamankan 12.144 unit ponsel berbagai merek dengan nilai perkiraan barang mencapai Rp18,2 miliar dan potensi kerugian negara sekitar Rp3,1 miliar.

Advertisement
Comments
Tech News

OnePlus 6 Bakal Punya Edisi Marvel Avengers

Published

on

OnePlus Marvel
Film Avengers: Infinity War yang disutradarai oleh Russo Bersaudara (Anthony Russo dan Joe Russo) saat ini jadi perbincangan banyak orang, tak terkecuali mereka penyuka super hero besutan Marvel. Jadi sebuah hiburan yang menarik, film ini pun banyak dilirik oleh banyak industri, tak terkecuali industri smartphone. Ya! Terkait dengan hal itu, produsen smartphone yang ambil bagian untuk "memanfaatkan" ketenaran Avengers: Infinity War adalah OnePlus. Rencananya, produsen smartphone asal Cina tersebut akan merilis OnePlus 6 Marvel Avengers Limited Edition. Untuk meyakinkan pencinta setianya dan juga penyuka super hero besutan Marvels, OnePlus pun menggodanya lewat sebuah teaser yang diupload ke YouTube. Dalam video berdurasi 15 detik tersebut,...
Continue Reading
Tech News

Spesifikasi Galaxy S8 Lite dan Galaxy A8 Star Mulai Terungkap

Published

on

Samsung Galaxy A8 Leak
Baru-baru ini telah muncul bocoran mengenai smartphone Samsung dengan nomor model SM-G8750. Diduga kuat, perangkat ini akan hadir dengan nama Galaxy S8 Lite. Selain itu, ada juga nomor model lainnya, yakni SM-G8850 dan kemungkinan besar ini adalah Galaxy A8 Star. Bocoran ini sendiri terungkap dari salah satu leaker ternama, MMDJ_. Diperkirakan Galaxy S8 Lite akan diotaki dengan Snapdragon 660 Octa-core yang dilengkapi dengan GPU Adreno 512. Sementara, Galaxy A8 Star belum bisa diketahui, chipset apa yang akan digunakan. Kedua smartphone ini juga sudah ditopang dengan RAM 4 GB dan ROM berkapasitas 64 GB, yang dapat di-expand via microSD hingga 256...
Continue Reading
Tech News

Mi 6X Resmi Meluncur, Ada Tiga Varian yang Ditawarkan

Published

on

Mi 6X Resmi 1
Xiaomi secara resmi telah merilis Mi 6X di pasar Cina. Dikemas dengan bodi logam dan antena berbentuk U di bagian belakang, smartphone ini hadir dalam beragam pilihan warna, yakni Cherry Pink, Red Flame, Glacier Blue, Quicksand Gold dan Black Stone. Suksesor Mi 5X ini juga dikemas dengan layar LCD IPS berukuran 5,99 inci dan memiliki resolusi FullHD+. Aspek rasio yang dimiliki juga sudah kekinian, yakni 18:9 dan Xiaomi juga mempercayakan Snapdragon 660 Octa-core sebagai dapur pacunya. Namun satu hal yang menarik, Snapdragon 660 Octa-core yang disematkan juga sudah dibekali dengan kemampuan Artificial Intelligent Engine alias AIE. Dukungan lainnya yang turut...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer