Cara Percepat Kinerja Android dengan Mudah

Now Reading
Cara Percepat Kinerja Android dengan Mudah

Smartphone terasa sangat cepat saat pertama kali dibeli. Namun seiring berjalannya waktu, performa smartphone mulai menurun. Hal ini sangat wajar. Bahkan hampir semua smartphone mengalami masalah ini, tak terkecuali smartphone flagship yang hadir dengan spesifikasi tinggi. Tapi jangan khawatir lagi, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips agar smartphone Anda dapat berjalan cepat. Berikut informasi.

Identifikasi masalah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu dari mana sumber masalah terjadi. Apakah dari aplikasi atau dari sistem smartphone Anda? Untuk mengidentifikasi masalah pada smartphone, gunakan aplikasi bernama Trepn Profiler buatan Qualcomm. Aplikasi ini akan menampilkan informasi tentang pengunaan CPU, gambaran lalu lintas jaringan, penggunaan GPU dan RAM, serta masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, Trepn Profiler juga akan menganalisa aplikasi dengan informasi yang lengkap. Sehingga Anda dapat mengetahui aplikasi mana yang dirasa berat untuk dijalankan. Setelah Anda mengetahui sumber masalah, Anda dapat melanjutkan ke solusi yang berikutnya.

Bersihkan storage

Banyaknya file seperti foto serta aplikasi yang ter-install bisa menyebabkan ruang penyimpanan Android menjadi sesak. Akibatnya, performa Android menjadi lambat. Anda dapat memeriksa storage yang tersisa dengan menuju ke bagian Pengaturan -> Penyimpanan. Jika ada aplikasi yang dirasa boros storage, hapus saja.

Selain itu, ada juga beberapa aplikasi yang menggunakan cache data dalam upaya untuk mempercepat operasi. Dalam waktu tertentu hal ini terasa efektif, namun jika ruang penyimpanan sudah penuh, alangkah lebih baik untuk menghapus cache aplikasi tersebut dalam kurun waktu tertentu secara berkala.

Hapus widget

Mungkin Anda adalah tipe orang yang suka memasang widget pada homescreen smartphone anda. Namun, jika performa smartphone mulai melambat, kami menyarankan untuk menghapus widget-widget yang Anda pasang. Karena widget akan banyak mengonsumsi RAM pada smartphone Anda.

Hilangkan animasi

Beberapa tema menggunakan animasi atau efek untuk mempercantik user interface pada smartphone. Mungkin animasi ini terlihat keren, tetapi animasi juga dapat memperlambat performa smartphone anda. Untuk menonaktifkannya, Anda dapat melihat di pengaturan tema yang digunakan. Jika tidak tersedia pada pengaturan tema, Anda dapat menonaktifkannya di menu Pengaturan -> Pilihan Pengembang. Dengan cara ini, sudah dipastikan performa smartphone anda akan terasa lebih cepat.

Tutup aplikasi

Memang benar, dengan multitasking Anda dapat melakukan banyak pekerjaan dengan sangat cepat. Namun, hal ini juga dapat berdampak negatif pada smartphone Anda. Jadi, usahakan untuk menutup aplikasi yang berjalan di background. Anda dapat menggunakan aplikasi ShutApp untuk menutup aplikasi yang berjalan secara diam-diam di background tersebut.

Reset smartphone

Jika Anda telah melakukan beberapa atau bahkan seluruh langkah di atas namun smartphone masih terasa lemot, Anda dapat melakukan reset pada smartphone. Cara ini adalah cara paling efektif dan manjur. Oh ya, jangan lupa membackup data penting Anda sebelum melakukan proses ini.

Baca Juga Review
  •  
    Review ASUS UX360UA: Kencang dan Multifungsi
  •  
    Review Huawei Mate 9: Smartphone Monster
  •  
    Review Moto Z: Modular, Tipis, dan Ajaib
  •  
    Review Elephone S7: Mirip Galaxy S7 edge
Subscribe untuk terus update ulasan gadget terbaru dari kami!

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
74%
Mau
0%
Biasa Aja
23%
Payah!
6%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.
7 Comments
Leave a response

Leave a Response