Connect with us
UX370-JOE
Featured
Tips

Cara Mengatasi Google Play Store Error

Droidlime.com,

/

gplau

Banyak pengguna Android mengalami error pada aplikasi Google Play Store-nya. Proses download aplikasi yang gagal atau Google Play Store yang tidak dapat dibuka adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna Android.

Beberapa contohnya “Google Play Retrieving Information From Server”, “Google Play Error 491”, “Google Play Error RPC”, atau “Google Play Error No Connection”. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Jika ya, berikut adalah cara-cara mengatasi error pada Google Play Store.

Periksa waktu dan tanggal

atur tanggal

Google selalu memeriksa waktu dan tanggal Anda untuk menjalankan Play Store. Jika waktu dan tanggal tidak sesuai, akan timbul masalah pada Play Store. Untuk memperbaiki masalah ini, ubahlah waktu dan tanggal di smartphone Anda. Anda dapat memilih format pendeteksian waktu dan tanggal secara otomatis. Tetapi jika Play Store masih error, cobalah untuk mengatur tanggal dan waktu secara manual.

Periksa koneksi internet

data android

Kami pernah menemui kasus dimana ada pengguna tak bisa mengakses Google Play karena koneksi internet yang tidak stabil. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun dengan mengecek koneksi internet nyatanya dapat memecahkan masalah. Cobalah untuk beralih dari jaringan WiFi ke data seluler atau sebaliknya.

Perbarui Google Play

new google play

Hal ini mungkin jarang terjadi, namun terkadang smartphone yang kita gunakan tidak melakukan pembaruan Play Store secara otomatis. Jika Play Store Anda mengalami error, tidak ada salahnya untuk mengecek versinya. Dan pastikan Anda sudah menggunakan versi yang terbaru.

Perbarui Google Play services

gplay service

Selain Play Store, Anda juga harus meng-install Google Play Service versi terbaru. Karena untuk dapat beroperasi, Google Play Store membutuhkan Google Play Service. Jadi, usahakan untuk mengecek versi Google Play Service Anda, jika sudah tidak up-to-date, segera lakukan pembaruan.

Bersihkan cache dan data Google Play

hapus cache gplay

Dalam beberapa kasus, masalah pada Google Play Store dapat terselesaikan dengan mengosongkan cache. Cache adalah tempat penyimpanan data sementara sehingga data aplikasi dapat cepat dibuka tanpa perlu dimuat ulang. Coba pergi ke menu pengaturan -> pengelolaan aplikasi dan pilih aplikasi Google Play Store, lalu klik tombol clear cache. Jika masalah belum terselesaikan, coba hapus juga data pada aplikasi Play Store dengan klik tombol clear data.

Sign-in ulang

sign in gplay

Jika masalah pada Google Play Store masih belum selesai juga, maka Anda perlu mengatur ulang akun Google. Cobalah untuk menghapus akun Google yang ada, lalu masukkan kembali akun tersebut. Atau, Anda juga bisa membuat dan mendaftarkan akun Gmail yang benar-benar baru.

Nonaktifkan VPN

vpn

Langkah terakhir yang bisa dicoba adalah menonaktifkan VPN. Memang benar, dengan mengkaktifkan VPN Anda akan menemukan informasi menarik di luar lokasi geografis Anda. Bahkan Anda dapat meng-install aplikasi Play Store dari negara lain. Namun, VPN dapat menyebabkan masalah pada Google Play Store di wilayah Anda tinggal saat ini.

Advertisement
Comments
Featured

6 Pesona Huawei P20 Pro yang Memukau

Published

on

Huawei P20 Pro 4
Pada tahun lalu Apple kembali menggemparkan pasar smartphone global dengan merilis tiga perangkat sekaligus. Ketiganya adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Smartphone terakhir yang disebutkan hadir dalam rangka memperingati 10 tahun kehadiran iPhone di industri ini. Pada awal tahun 2018 ini, tepatnya menjelang akhir bulan Februari lalu, Apple mendapat saingan dengan kehadiran Galaxy S9 dan S9+. Keduanya merupakan smartphone besutan Samsung yang memang hadir untuk berkompetisi di kelas high-end. Dan menjelang akhir Maret 2018 lalu, iPhone X, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ mendapat lawan sepadan dari Huawei. Ya! Pabrikan smartphone asal Cina ini dengan penuh percaya diri...
Continue Reading
Featured

5 Aplikasi Video Editor yang Cocok Di-install untuk Smartphone

Published

on

aplikasi editor smartphone
Platform online untuk meng-upload video sangatlah beragam. Tak hanya ada YouTube, namun juga ada beberapa layanan lainnya seperti aplikasi sosial media Instagram dan Facebook, atau aplikasi video streaming karya anak bangsa, Vidio.com. Lewat platform online tersebut, kita dapat dengan meng-upload video yang dibuat, entah itu untuk dokumentasi atau sekadar mencari uang tambahan. Yang terpenting, video yang kita upload harus terlihat berkualitas dan menarik. Dengan begitu, kita bisa berharap video tersebut mampu menggaet banyak penonton. Bukan begitu? Membuat video yang layak "tonton" bukanlah perkara yang sulit. Mengapa? Karena saat ini kita pun bisa menemukan banyak aplikasi video editor yang dapat mempermudah...
Continue Reading
Featured

5 Pekerjaan “Freelance” Online dengan Upah Menggiurkan

Published

on

pekerjaan online
Internet dengan segala macam perangkat teknologi yang ada telah mengubah dunia ini menjadi lebih cepat dan dekat. Kini kita tak perlu bertatap mata secara langsung untuk dapat bercengkrama, bahkan lebih dari itu kita dapat dengan mudah membeli barang hanya dengan duduk santai di rumah. Dengan begini, internet telah bertransformasi menjadi tempat untuk berladang bisnis ataupun untuk bekerja. Nah, bagi Anda seorang mahasiswa atau yang ingin bekerja tanpa dikekang waktu, berikut ini adalah daftar lima pekerjaan "online" yang dapat Anda kerjakan dimana pun saja dengan gaji yang tak kalah menggiurkan. Freelance programmer atau desainer Kemajuan teknologi internet nyatanya telah mempengaruhi segala...
Continue Reading

Smartphone Terbaru

Populer