Connect with us
ROG GL504
Tips

Cara Pasang On-screen Button di Semua Android Tanpa Root

Published
onscreenbutton
Vivo V11 Pro

Beberapa smartphone Android saat ini, terutama untuk smartphone yang memiliki layar fullscreen tentu sudah tidak menggunakan tombol navigasi di bagian dagunya. Kebanyakan produsen smartphone sudah menempatkan tombol home, back, dan recent app di dalam layar.

Bagi sebagian orang, penempatan tombol navigasi di dalam layar sedikit lebih baik dibanding di luar. Selain memiliki sensitivitas yang lebih tinggi, risiko rusak akibat sering ditekan tentu bisa lebih diminimalisir.

Jika smartphone Anda masih memuat tombol navigasi di luar layar, Anda bisa coba aplikasi berikut ini untuk memunculkan dan menggunakan tombol navigasi di dalam layar. Bagaimana cara melakukannya? Berikut tutorial-nya.

Cara pasang on-screen button di Android

Pada tutorial kali ini, kami akan menggunakan aplikasi Simple Control (Navigation bar) buatan coolAce. Sebelum mencobanya, download dulu aplikasi tersebut dan install seperti biasa di smartphone Android. Jangan lupa untuk memberikan permission accessiblity yang dibutuhkan.

cara menambahkan navigasi bar di android 2

Setelah diberikan izin, secara otomatis Anda sudah bisa menggunakan navigation bar di dalam layar. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa mengatur ukuran tombol, eksekusi saat tombol ditekan, animasi, serta tempat munculnya navigasi bar tersebut.

cara menambahkan navigasi bar di android 3

Untuk mempercantik tampilan juga sudah disediakan beragam ikon keren yang bisa digunakan secara gratis. Namun khusus untuk ikon berwarna pink baru bisa Anda gunakan setelah menonton iklan terlebih dahulu.

Baca juga

Itulah cara menambahkan tombol navigasi dalam layar Android tanpa memerlukan akses root. Jika Anda punya rekomendasi aplikasi lain atau ada hal-hal yang ingin disampaikan, bisa langsung tulis di kolom komentar. Selamat mencoba!

Comments

Wajib baca

Populer