Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang

Kehilangan smartphone pasti akan membuat kita resah, entah karena sekedar lupa menaruh atau hanya disembunyikan oleh teman yang jahil. Tapi yang parah jika smartphone kita jatuh atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun, jangan khawatir lagi karena saat ini kami akan memberikan beberapa tips untuk melacak keberadaan HP Android yang hilang.

Untuk diketahui, sebagian besar smartphone sekarang sudah ter-install Android Device Manager. Tetapi ada juga yang belum. Untuk mengantisipasi hal-hal buruk terjadi, alangkah baiknya untuk men-download aplikasi Android Device Manager sekarang juga. Layanan ini memungkinkan kita untuk melacak lokasi smartphone. Ketika smartphone benar-benar hilang, kita dapat menggunakan ponsel teman atau perangkat lain seperti laptop untuk melihat lokasi terakhir ponsel kesayangan kita berada.

Aktifkan Android Device Manager

Jika sudah menggunakan smartphone keluaran terbaru, Android Device Manager ada dalam menu settings. Namun jika tidak menemukannya, Anda dapat men-download aplikasi Android Device Manager di Google Play Store. Pada dasarnya, layanan ini akan langsung terhubung dengan Google. Langsung saja, berikut adalah cara mengaktifkannya.

  • Langkah pertama, masuk ke menu Settings -> Security -> Device Administration

adm 01

  • Setelah itu, klik pada pilihan Android Device Manager sehingga tanda centang muncul pada bagian tersebut. Jika sudah, kembalilah ke menu utama Settings.

adm 02

  • Selanjutnya, klik pada menu lokasi dan tekan tombol untuk mengaktifkannya. Jika sudah aktif, klik menu mode.

adm 03

  • Kini Anda berada pada menu mode. Pilih high accuracy agar Google dapat melacak lokasi dengan sangat akurat. Jika sudah aktif, klik tombol kembali dan pilih menu Google Location History.

adm 04

  • Aktifkan Location History dan Device Anda dengan mengklik kedua tombol switch yang tersedia, seperti gambar di bawah ini.

adm 05

Cara Melacak HP Android

Kini fitur keamanan Android Device Manager sudah terkonfigurasi dengan benar dan smartphone dapat dilacak dengan bantuan Google. Lalu bagaimana cara melacaknya? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Web browser yang Anda miliki, entah dari ponsel, tablet maupun komputer.
  • Buka Google.com lalu ketik saja “temukan ponsel saya”.

adm 06

  • Klik pada hasil pencarian paling atas, disana Anda akan menemukan sebuah peta atau halaman resmi Android Device Manager. Dan masuklah dengan akun email Anda.

adm 07

  • Kini Anda dapat melihat lokasi terakhir smartphone Anda berada. Anda dapat melakukan beberapa hal yakni Ring atau Enable Lock dan Erase.

Ring berfungsi untuk membunyikan smartphone Anda meski dalam keadaan silent. Fitur ini sangat bermanfaat ketika Anda lupa menaruh smartphone yang lokasinya dekat dengan Anda. Sedangkan Lock dan Erase lebih cocok jika smartphone Anda hilang dicuri ataupun jatuh karena fitur ini berfungsi untuk mengunci dan menghapus data-data pribadi Anda.

Itulah beberapa cara untuk dapat melacak smartphone yang hilang. Sebenarnya ada juga aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu proses pelacakan smartphone. Namun kami rasa cara ini adalah yang paling efektif. Perlu diingat, cara ini hanya bekerja saat ponsel dalam keadaan aktif.

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
79%
Mau
3%
Biasa Aja
18%
Payah!
8%
About The Author
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.
5 Comments
Leave a response
  • aris
    April 25, 2017 at 12:53 am

    yang dicari software dengan bantuan IMEI hp android tersebut dapat mendeteksi keberadaan HP itu sendiri. ada yang tahu?

  • Indra
    February 11, 2017 at 10:23 am

    Gps tidak fungsi kemungkinan bisa terjadi jika ponsel yg di curi dalam keadaan aktif tetapi quota internet nya habis/kosong.. Sehingga system sinyal google gps tidak akan tersambung.. Yg berhubungan dengan gps aktif itu harus dalam keadaan quota internet nya aktif.. Tanpa itu hanya bisa aktif sms telp saja.. Mungkin seperti itu kali ya.. Hehehe..

  • Komentator
    February 3, 2017 at 1:27 pm

    Hp waktu itu sih aktif, sempet ke detect bentar dr gps nya tp ttp ga ketemu hp nya gegara di matiin gps nya sm yg nyopet… Ya takdir ga blh pegang hp mahal kali ya

  • David Theo
    February 3, 2017 at 11:48 am

    Berfungsi kok gan asal ponsel dalam keadaan hidup. Cara diatas juga sudah kami coba dan bekerja kok.

  • Giovanny
    February 2, 2017 at 7:18 pm

    Ini ga fungsi caranya kl gps nya mati, gw dah pernah nyoba tp ga ketemu jg s6 gw yg ilang

Leave a Response