Cara Jitu Hilangkan Kebisingan Pilkada DKI dari Timeline Facebook

Now Reading
Cara Jitu Hilangkan Kebisingan Pilkada DKI dari Timeline Facebook

Hiruk pikuk Pilkada DKI Jakarta sudah mulai terasa di sejumlah media sosial, salah satunya Facebook. Tidak jarang beragam status berisi dukungan, perdebatan, hingga caci maki memenuhi timeline Facebook kita maupun teman-teman kita.

Bagi sebagian orang yang tidak ingin ikut larut dalam perbincangan itu, tentu merasa terganggu dengan status tersebut. Jika Anda termasuk di dalamnya, berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk membuat timeline Facebook Anda bersih dari hal-hal yang berbau Pilkada DKI Jakarta. Anda juga bisa menerapkan cara ini untuk menghapus hal-hal lain yang tidak ingin Anda lihat di timeline Facebook.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang ekstensi Social Fixer for Facebook pada browser yang Anda gunakan. Bagi Anda yang menggunakan browser Chrome, klik tautan ini untuk memasang ekstensi pada browser Chrome.

Langkah 1

social-fixer-1

Adapun bagi Anda yang menggunakan browser lainnya seperti Opera dan Mozila Firefox, bisa mengunduh ekstensi ini pada tautan berikut ini. Lalu pilih browser yang mana yang biasa Anda gunakan.

Langkah 2

social-fixer-2

Jika Social Fixer sudah dipasang, maka langkah selanjutnya yakni masuk ke akun Facebook Anda. Nanti pada sudut kanan atas, Anda akan melihat menu pengaturan Social Fixer berupa ikon “kunci Inggris”. Klik icon tersebut lalu pilih menu Social Fixer Option > pilih “Filters”. Silakan buat filter baru atau modifikasi dari kriteria Elections/Politics 2016 yang sudah ada di kolom pilihan. Klik ikon “+” lalu pilih ikon pensil untuk mengubah pengaturan filter.

Langkah 3

social-fixer-3

Setelah itu, Anda lihat kolom “IF” dan tambahkan kata-kata yang berkaitan dengan Pilkada DKI seperti Ahok, Basuki Tjahja Purnama, Djarot, Anis Baswedan, Sandiaga Uno, dan lain sebagainya. Atau ubah kata-kata yang terkait dengan pemilihan presiden Amerika Serikat jika Anda memilih modifikasi dari kriteria Elections/Politics 2016 yang sudah ada di kolom pilihan.

Langkah 4

social-fixer-4

Hal yang perlu diperhatikan yakni ketika memasukkan kata kunci, jangan lupa untuk meletakkan “(“ di awal rangkaian kata, “)” di akhir rangkaian kata dan memisahkan masing-masing kata kunci itu dengan tanda pipa “|”. Pastikan kolom “THEN” diatur pada posisi “Hide Post”. Itulah yang akan menyembunyikan status yang mengandung kata kunci terkait Pilkada DKI Jakarta. Setelah selesai melakukan pengaturan, selanjutnya klik Done Editing Filter dan Save Changes.

Jika sudah berhasil, maka status, tautan, atau kata-kata yang mengandung kata kunci filter akan tampil sebagai tulisan Post hidden by filter. Jika ingin membukanya, cukup Click to toggle post.

Langkah 5

social-fixer-5

Itulah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan semua hal yang berkaitan dengan Pilkada DKI Jakarta. Cara ini hanya dapat digunakan pada browser PC atau notebook dan hanya berlaku pada saat Anda membuka facebook pada browser tersebut. Cara ini tidak berlaku pada aplikasi Facebook yang ada pada smartphone Anda.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadikan Facebook sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi dan berbagai informasi positif. Selamat mencobanya.

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
50%
Mau
0%
Biasa Aja
50%
Payah!
0%
About The Author
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.

Leave a Response