Cara Hapus Aplikasi “Bandel” di Android Melalui Safe Mode

Bagi Anda pengguna komputer pasti tidak asing dengan istilah safe mode. Biasanya, safe mode digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap aplikasi yang diduga merusak sistem. Sama seperti di PC, safe mode hanya menjalankan aplikasi Android dan proses yang penting saja sehingga dapat dipastikan tidak ada aplikasi pihak ketiga yang berjalan.

Safe mode memang tak terlalu penting jika memang sedang tidak dibutuhkan. Namun, ada kalanya virus ataupun malware menyerang samrtphone Android yang membuat sistem pada smartphone Anda menjadi kacau. Oleh karena itu, Anda perlu memasuki mode ini untuk menghapus aplikasi yang membawa virus tersebut. Ada dua cara untuk memasuki safe mode, antara lain:

safe-mode-reboot

Cara pertama

  1. Matikan smartphone Anda
  2. Tekan dan tahan tombol volume down dan power secara bersamaan hingga layar menyala, kemudian lepas tombol power saja.
  3. Tetap tahan tombol volume down hingga muncul lockscreen. Akan muncul tulisan safe mode di sisi kiri bawah apabila Anda telah berhasil masuk ke safe mode.

Cara kedua

  1. Dalam keadaan smartphone menyala, pastikan developer mode telah terbuka, yaitu dengan cara malakukan tap sebanyak tujuh kali pada "build number" di dalam menu "about phone" dari menu setting.
  2. Tekan dan tahan tombol power hingga muncul pilihan power off atau restart, kemudian tekan dan tahan pilihan power off hingga muncul pilihan "reboot to safe mode".
  3. Pilih reboot to safe mode.

Setelah masuk ke safe mode, Anda dapat menghapus berbagai aplikasi yang diduga sebagai pembawa virus atau malware melalui menu Setting > Application. Hapus aplikasi yang sekiranya Anda curigai saja, lalu restart kembali smartphone untuk masuk ke kondisi normal seperti biasa.

(last edit: 15 September, 2015 / 10:32 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
50%
Mau
5%
Biasa Aja
19%
Payah!
26%
Tentang Penulis
Ryan Fibrian

Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.