Connect with us
FA506_2024
Tips

Cara Cek IMEI Resmi atau Ilegal di Semua Smartphone

Apakah IMEI smartphone terdaftar resmi atau tidak di Kemenperin. Begini cara mengetahui nomor IMEI di semua smartphone, baik itu Samsung, iPhone, Xiaomi, Huawei, OPPO, VIVO dan masih banyak lagi.

Updated

Dalam waktu dekat, tepatnya di awal Agustus nanti, pemerintah Indonesia lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjelaskan pelarangan pembelian ponsel dari luar negeri yang merujuk pada aturan IMEI terbaru.

Untuk membrantas distribusi ponsel ilegal di Indonesia, pembeli ponsel dari luar negeri tidak bisa menggunakan kartu SIM semua operator dalam negeri. Kemkominfo akan bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan untuk menandatangani payung hukum IMEI tersebut.

Saat ini Kemenperin sudah menerbitkan sebuah situs khusus untuk mengecek IMEI yang terdaftar resmi atau tidak. Jika IMEI pengguna tidak ada dalam database sistem, kemungkinkan besar smartphone yang kalian pakai bukanlah smartphone resmi alias termasuk black market.

Cek IMEI dari smartphone

Source: Samsung

Lalu bagaimana cara mengecek nomor imei smartphone yang sedang kita gunakan saat ini? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah menekan tombol *#06#. Cara ini bisa dilakukan di semua smartphone, baik itu Samsung, iPhone, Xiaomi, Huawei, OPPO, VIVO dan masih banyak lagi.

Cara kedua adalah dengan melihat langsung bagian about phone pada setiap smartphone. Umumnya menu ini bisa ditemukan di Setting > System > About Phone. Di halaman tersebut akan muncul informasi model, build number, versi Android, hingga spesifikasi singkat dari smartphone yang digunakan.

Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi khusus. Untuk pengguna smartphone Android, kalian bisa langsung install aplikasi My IMEI. Selanjutnya, buka aplikasinya dan secara otomatis nomor IMEI smartphone kalian akan terlihat.

Cara keempat adalah melihat di belakang smartphone. Beberapa vendor smartphone terdahulu biasanya mencetak nomor IMEI di bagian belakang smartphone. Namun karena dirasa kurang aman, akhirnya vendor mulai menghentikan kegiatan tersebut.

Cara kelima untuk mengecek IMEI smartphone adalah dengan melihat box atau kardus dari penjualan smartphone. Umumnya setiap kotak penjualan terdapat beberapa informasi seputar smartphone, meliputi nomor imei, serial number serta keterangan penting lainnya.

Cek IMEI di situs Kemenperin

Source: Detik

Setelah nomor IMEI sudah berhasil diketahui, selanjutnya adalah mengecek ke situs Kemenperin apakah IMEI kita terdaftar secara resmi atau tidak. Caranya dengan mengunjungi situs http://kemenperin.go.id/imei/, lalu masukkan nomor IMEI tadi. Jika nomor terdaftar muncul keterangan nomor IMEI, perusahaan, merek ponsel dan model. Lalu jika belum terdaftar akan muncul keterangan bahwa nomor IMEI tersebut tidak ada dalam database Kemenperin.

Baca juga

Perlu diketahui jika kalian tidak bisa memasukkan nomor IMEI di situs Kemenperin, berarti situs tersebut memang sedang mengalami perbaikan sehingga bisa dicoba kembali beberapa saat kemudian. Seperti itulah cara mengecek IMEI dan cara mengetahui apakah nomor IMEI terdaftar secara resmi atau tidak. Dengan diterapkannya aturan ini, diharapkan pengguna untuk membeli smartphone secara resmi di Indonesia.

Comments

Harga HP Terbaru

Harga HP5 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M34 5G

Gebrakan terbaru yang ditunjukkan oleh Samsung di pasar smartphone Indonesia adalah meluncurkan Galaxy M34 5G. Smartphone ini dipasarkan dengan harga...

Harga HP9 months ago
Harga dan Spesifikasi POCO F5

Datang sebagai smartphone flagship, POCO F5 hadir ditujukan untuk para gamer, penggiat fotografi, dan tech lovers.

Harga HP10 months ago
Harga dan Spesifikasi vivo Y36

vivo kembali membuat kejutan di pasar smartphone Indonesia dengan meluncurkan vivo Y36. Smartphone yang membawa segudang daya tarik ini dibanderol...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Galaxy A54 5G sudah hadir resmi di Indonesia. Bagi kalian yang tertarik meminang smartphone ini, Galaxy A54 5G datang dengan...

Harga HP11 months ago
Harga dan Spesifikasi Redmi Note 12 Pro 5G

Xiaomi kembali menggebrak pasar Indonesia pada akhir bulan Maret lalu dengan meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G. Smartphone kelas menengah...

Harga HP12 months ago
Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Pada bulan Maret 2023 lalu OPPO telah secara resmi meluncurkan OPPO Reno8 T 5G di pasar Indonesia. Smartphone mid-range ini...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi realme C55 NFC

realme secara resmi telah memasarkan realme C55 NFC di Indonesia sejak awal Maret 2023. Smartphone entry-level ini membawa banyak fitur...

Harga HP1 year ago
Harga dan Spesifikasi POCO X5 5G

Bulan Februari lalu POCO secara resmi telah meluncurkan POCO X5 5G di pasar Indonesia. Smartphone kelas menengah ini datang dengan...

Aplikasi DroidLime

Get it on Google Play

Populer