Connect with us
Zenbook131415
Tips

Cara Bersihkan Jack Audio yang Tersumbat

Apakah kalian pernah mengalami gangguan jack audio di smartphone kesayangan? Jika ya, tips berikut ini dapat kalian coba dan terapkan.

Updated

Walau sudah mulai jarang ada, jack audio menjadi salah satu komponen smartphone yang sangat penting. Jack audio memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik atau menonton video dengan kualitas suara yang lebih menggelegar ketimbang mendengarkannya lewat speaker.

Mirisnya, tidak semua pengguna peduli dengan kebersihan smartphone-nya, apalagi merawat dan membersihkan lubang jack audio. Asal colok dan cabut tanpa peduli kebersihan dari jack audio itu sendiri bisa menyebabkan jack audio tersumbat oleh debu atau kotoran dan mengalami masalah.

Suara-suara indah yang sebelumnya dapat didengarkan, kini tak dapat dinikmati lagi. Apakah ada di antara kalian yang sedang mengalami masalah tersebut? Jika ya, tips berikut ini dapat kalian coba dan terapkan.

Kaleng kompresor

Alat satu ini biasanya digunakan untuk membersihkan (menyemprot) komponen-komponen pada komputer. Akan tetapi, kaleng kompresor dapat kita gunakan juga untuk membersihkan bagian-bagian kecil seperti lubang jack audio.

Cara pakainya yakni cukup dekatkan dan hembuskan kaleng kompresor tepat di lubang jack audio. Tekanan udara yang diberikan akan mendorong debu untuk memantul keluar dari jack audio.

Kapas

Cara kedua yang dapat Anda tempuh adalah dengan menggunakan kapas. Kaitkan kapas dengan penyangga seperti jarum atau tusuk gigi agar kapas tidak masuk terlalu jauh ke dalam lubang jack audio. Sifat kapas yang lembut dan lemas dapat menembus ruang-ruang kecil.

Anda juga dapat memberikan sedikit cairan alkohol jika jack audio dirasa benar-benar kotor. Namun perlu diingat, jangan terlalu sering menggunakan cairan alkohol untuk membersihkan komponen smartphone guna menghindari korosi atau mengikisnya lapisan logam.

Jack headphone

Ujung dari colokan headphone dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah ini. Sama seperti menggunakan kapas, kita dapat memberikan sedikit cairan alkohol tepat di ujungnya.

Sebelum mencolokkan jack headphone ke lubang audio, pastikan bahwa smartphone berada dalam kondisi mati. Hal ini dilakukan untuk menghindari korsleting. Lakukan cara ini dengan sangat hati-hati dan jangan menggunakan cairan alkohol secara berlebihan.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.