Connect with us
TUF
Tips

Cara Atur Private DNS di Android 9 Pie untuk Akses Situs Diblokir

Private DNS adalah salah satu fitur terbaru di Android 9 Pie. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat mengakses situs atau aplikasi yang diblokir oleh operator seluler.

Updated

Sejak diperkenalkan bulan Agustus lalu, saat ini banyak vendor yang mulai mengaplikasikan sistem operasi terbaru Android 9 Pie ke smartphone buatannya. Sebagai penerus Android Oreo, Google sudah memberikan segudang fitur menarik di versi terbaru ini, salah satu yang ingin dibahas kali ini adalah Private DNS.

Seperti namanya private yang berarti pribadi, pengguna dapat menggunakan sebuah custom DNS di Android sehingga saat mengakses internet penyedia layanan tidak bisa mengintip DNS kalian karena sudah terenkripsi. Singkatnya, saat Private DNS aktif secara otomatis situs yang diblokir oleh operator seluler bisa dibuka tanpa perlu menggunakan VPN.

Untuk mengaktifkan Private DNS di Android 9 Pie caranya cukup mudah. Pertama-tama masuk ke menu Setting lalu pilih menu Connections dan cari menu Private DNS. Ada tiga mode yang bisa dipilih, Off, Automatic dan hostname.

Pilih hostname dan masukan konfigurasi berikut ini 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com lalu klik Save. Konfigursasi 1.1.1.1 tersebut dibuat oleh Cloudflare yang memang bisa digunakan gratis oleh masyarakat luas. Untuk memastikan bahwa Private DNS yang dipasang tadi sudah aktif atau belum, kalian bisa mengunjungi situs berikut ini 1.1.1.1/help.

Baca juga

Seperti itulah cara mengaktifkan Private DNS di Android 9 Pie dengan bantuan custon DNS gratis yang dibuat oleh CloudFlare. Dengan cara ini, kalian bisa mengakses situs atau aplikasi yang diblokir oleh operator tanpa harus install VPN.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.