Connect with us
Tips

Cara Akses Private DNS di MIUI 10 Xiaomi

Di sistem operasi MIUI 10, fitur Private DNS tidak dihadirkan begitu saja. Begini cara mudah untuk mengakses Private DNS di smartphone Xiaomi.

Updated

Tidak seperti smartphone lainnya yang sudah menggunakan sistem operasi Android 9 Pie. Pada kostumisasi MIUI khususnya versi MIUI 10, Xiaomi sepertinya menyembunyikan salah satu fitur penting yang bernama Private DNS.

Fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan DNS khusus ini biasa diguanakan untuk mempermudah mengakses beragam situs-situs yang diblokir. Tentunya pengguna tidak perlu menginstall VPN lagi jika hanya ingin membuka situs ataupun aplikasi yang diblokir pemerintah.

Untuk mengakses fitur Private DNS di smartphone Xiaomi. Pengguna membutuhkan sebuah aplikasi lain bernama QuickShortcut yang bisa didownload gratis di Google Play Store.

Jika sudah, buka aplikasinya dan cari aplikasi Setting lalu pilih menu com.android.settings.Settings$NetworDashboardActivity. Ketika menu tersebut diklik akan langsung diarahkan ke jendela baru, selanjutnya pilih menu Try.

Kemudian barulah muncul beragam menu setting seperti yang ada di smartphone Android pada umunya. Lalu untuk pengaturan Private DNS sendiri terdapat di bagian paling bawah. Isinya boleh menggunakan DNS Cloudflare 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com atau bisa juga dns.adguard.com agar tidak ada iklan.

Baca juga

Seperti itulah cara memunculkan menu Private DNS di semua smartphone Xiaomi, khususnya yang sudah upgrade ke MIUI 10 berbasis Android 9 Pie. Jika menunya masih belum muncul, bisa menggunakan langsung install aplikasi gratis 1.1.1.1 buatan CloudFlare.

Comments

Populer