Canalys: Inilah Lima Produsen Smartphone Papan Atas Dunia

Tak terasa, tahun 2017 sudah mendekati titik akhir. Selama satu tahun ini, dunia teknologi informasi turut diramaikan oleh sejumlah produsen smartphone yang berlomba-lomba meluncurkan produk unggulannya.

Tak hanya Samsung yang getol menelurkan banyak lini Galaxy Series, hal yang sama juga diikuti oleh produsen smartphone lainnya, mulai dari Apple, Xiaomi, OPPO, Vivo, Huawei, ASUS, Motorola, hingga Lenovo.

Lantas, dari sekian banyak produsen smartphone global, siapa lima besar produsen smartphone yang bisa dikatakan berhasil menguasai pasar? Tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Samsung tetap menjadi raja di industri ini.

5 vendor smartphone terbaik di dunia

Ya! Laporan Canalys menyebutkan bahwa pada kuartal ketiga 2017, pasar smartphone global tetap digenggam oleh Samsung dengan pangsa pasar sebesar 22,0 persen. Mengalami pertumbuhan sebesar 8,2 persen, Samsung berhasil memasarkan sebanyak 82,8 juta unit smartphone.

Pada peringkat kedua dan ketiga di duduki oleh Apple dan Huawei yang masing-masing pada kuartal ketiga tahun ini berhasil menguasai pasar sebesar 12,4 persen dan 10,4 persen. Apple berhasil mendistribusikan sebanyak 46,7 juta unit dan Huawei sebanyak 39,1 juta unit.

Di bawah Huawei ada OPPO dan Xiaomi. Tercatat oleh Canalys, masing-masing produsen smartphone tersebut menguasai pasar sebesar 8,0 persen dan 7,4 persen. Menariknya, Xiaomi pada kuartal ketiga tahun ini mengalami pertumbuhan sangat besar, yakni sebesar 86,9 persen.

OPPO sendiri pada kuartal ketiga tahun ini berhasil tumbuh sebesar 7,4 persen dengan pendistribusian perangkat sebanyak 30 juta unit dan Xiaomi yang berada di peringkat kelima berhasil mengapalkan produknya sebanyak 28 juta unit.

5 smartphone terbaik di Q3 2017

Tak hanya itu, Canalys juga "membongkar" data perangkat smartphone yang paling banyak dibeli oleh konsumen global. Tercatat, pada kuartal ketiga 2017 Apple iPhone 7 masih populer dan berhasil terjual sebanyak 13 juta unit.

Pada peringkat kedua dan ketiga dipegang oleh Apple iPhone 6s dan Samsung Galaxy J2 Prime. Masing-masing perangkat berhasil terjual sebanyak 7,9 juta unit dan 7,8 juta unit. Dua produk OPPO, yakni OPPO A57 dan OPPO R11 berhasil menduduki peringkat keempat dan kelima.

Canalys menyebutkan bahwa OPPO A57 berhasil terjual sebanyak 7,8 juta unit, sedangkan OPPO R11 berhasil terjual sebanyak 7,2 juta unit. Dengan keberhasilan tersebut, tentu saja produsen smartphone global lainnya tak bisa menganggap remeh perjuangan OPPO.

 

(last edit: 12 November, 2017 / 10:16 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
86%
Mau
3%
Biasa Aja
9%
Payah!
6%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.