Connect with us
ROG_Zephyrus_S_GX531
Tech News

Buruh dengan UMP DKI Jakarta Butuh 5,2 Bulan untuk Beli iPhone Xs

Lewat studinya, CupoNation menyebutkan bahwa pekerja dengan UMP DKI Jakarta jika ingin membeli iPhone Xs 64 GB butuh waktu 5,2 bulan. Ya! Memang butuh waktu yang terbilang panjang untuk mereka membeli smartphone terbaru buatan Apple tersebut.

Updated

Harus diakui, tak sedikit orang yang setuju jika harga iPhone dengan model terbaru memiliki harga yang terbilang menguras kantong. Di Indonesia, iPhone Xs 64 GB dijual dengan harga Rp20.499.000. Sedangkan iPhone Xs Max dengan kapasitas yang sama dijual seharga Rp22.499.000.

Ada model iPhone terbaru yang dijual dengan harga lebih murah, yakni iPhone Xr. Meski begitu, smartphone ini pun dijual di pasar Indonesia dengan harga yang masih terbilang mahal, yakni Rp15.199.000 untuk varian yang paling bawah, storage 64 GB.

Nah! Jika membandingkan dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang ada di Indonesia dengan harga resmi sebuah iPhone, berapa lama sih seseorang harus bekerja agar bisa membawa pulang smartphone besutan Apple tersebut? Adalah CupoNation yang baru-baru ini menggelar studi tentang hal itu.

Sudah menjadi hal yang lumrah jika Apple menawarkan harga yang tinggi untuk setiap produknya, bahkan di Indonesia jumlah gaji dalam sebulan masih belum cukup untuk membeli iPhone dengan kapasitas terendah.

Jika seseorang akan bekerja dan menggunakan 100% gajinya untuk membeli iPhone, maka rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 1400,6 jam agar dapat membeli iPhone Xs 64 GB. Ini juga diasumsikan bekerja selama 8 jam (5 hari kerja dalam seminggu), ia butuh waktu selama 8,8 bulan.

Lain halnya dengan iPhone Xs Max 64 GB, sedikit lebih mahal, maka rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 1537,2 jam atau sekitar 192,2 hari. Ini setara dengan 9,6 bulan jika ia memang tertarik untuk membawa pulang iPhone tersebut.

Jika ingin membeli iPhone Xr 64 GB yang dibanderol paling murah, hanya dibutuhkan 1038,5 jam atau 129,4 hari kerja. Ini setara dengan 6,5 bulan. Ya! Itulah waktu kerja yang dibutuhkan seseorang menurut CupoNation jika ingin membeli model iPhone terbaru.

Jika mengukur upah minimum 33 provinsi di Indonesia, memang ada beberapa provinsi yang memiliki upah minimum lebih tinggi. Artinya, pekerja yang ada di dalam provinsi inilah yang mampu membeli iPhone lebih cepat dibanding provinsi lainnya.

CupoNation mencatat, para pekerja yang memiliki UMP DKI Jakarta hanya butuh bekerja selama 832,5 jam atau setara dengan 5,2 bulan (20 hari kerja perbulan) untuk membeli iPhone Xs 64 GB. Selanjutnya, ada Papua (6,6 bulan) dan Sulawesi Utara (6,7 bulan).

Selain beberapa provinsi di Indonesia dengan UMP yang mampu membeli iPhone Xs 64 GB dengan waktu lebih cepat, ada juga provinsi di Indonesia yang penduduknya perlu bekerja lebih lama. Tercatat, pekerja di Yogyakarta butuh waktu selama 2.087 jam atau setara 13 bulan.

Baca juga

Provinsi lainnya adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pekerja di provinsi tersebut masing-masing butuh waktu 2.043 jam atau setara 12,8 bulan dan 2.012 jam atau setara 12,6 bulan. Bagaimana menurut kalian mengenai studi ini? Jangan lupa kasih komentar lewat kolom di bawah ini.

Comments

Populer