/ Xiaomi

Bodi Mungil Xiaomi Mi 6 Terbukti Tahan Bengkok dan Lebih Kuat dari Mi 5

Xiaomi Mi 6 telah dirilis pada bulan lalu. Smartphone flagship terbaru Xiaomi ini tak hanya dibekali spesifikasi yang mumpuni tetapi juga desain yang mewah. Namun di balik itu semua, muncul pertanyaan apakah bodi Xiaomi Mi 6 lebih baik daripada smartphone Xiaomi sebelumnya yang terlihat begitu rapuh ketika menjalani pengujian ketahanan bodi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, akun YouTube JerryRigEverything kembali melakukan pengujian ketahanan fisik Mi 6 dan mempublikasikannya melalui sebuah tayangan video.

Seperti biasanya, pengujian pertama yang dilakukan merupakan pengujian goresan pada layar berukuran 5,15 yang telah dilindungi Gorillah Glass dengan menggunakan pick. Dari pengujian tersebut, didapati hasil bahwa layar baru tergores ketika diuji dengan goresan pada level 6 skala Mohs. Ini menunjukkan kualitas Mi 6 setara dengan smartphone flagship lainnya. Dengan daya tahan layar ini, Anda tidak perlu khawatir layar bakal tergores oleh kunci ataupun koin ketika berada di dalam saku.

Xiaomi mendesain sensor fingerprint-nya dengan lapisan kaca. Inilah yang membuatnya tahan terhadap goresan standar dan baru tergores oleh pick dengan level 6 skala Mohs. Begitu juga dengan kamera depan 8 megapiksel yang diletakkan di bawah kaca layar membuatnya terlindungi dari goresan.

Beralih ke panel belakang, bagian tersebut juga dilapis material kaca. Selain itu, Mi 6 juga menggunakan material keramik pada versi deluxe-nya. Pengujian pada panel belakang Mi 6 ini juga menunjukkan bagian ini memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan. Begitu juga dengan panel belakang yang menggunakan material keramik, tentu akan lebih tahan lagi terhadap goresan. Dual kamera belakang 12 megapiksel pada smartphone ini pun terlindungi dengan baik.

Pengujian berikutnya dengan membakar bagian layar dan didapati hasil layar IPS pada smartphone ini baru terlihat efeknya ketika dibakar selama sepuluh detik. Ketahanannya lebih baik ketimbang Xiaomi Mi 5 yang sudah terlihat efeknya hanya dalam waktu empat detik saja.

Pengujian terakhir yakni dibengkokkan. Pengujian ini semakin membuktikan bahwa smartphone buatan Cina dengan banderol harga relatif terjangkau ini memiliki bodi yang kokoh. Terbukti ketika dibengkokkan, smartphone ini hanya sedikit bengkok namun bisa segera kembali ke posisi semula. Berbeda dengan Mi 5 yang dapat dengan mudah bengkok dan bahkan pecah hanya dengan sedikit tekanan.

(last edit: 13 May, 2017 / 3:46 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
82%
Mau
2%
Biasa Aja
11%
Payah!
7%
About The Author
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.