Connect with us
Tech News

Bocoran Snapdragon 8150 Sudah Muncul di Geekbench

Pada akhir tahun ini, tepatnya pada bulan Desember 2018 Qualcomm akan memperkenalkan chipset papan atas terbarunya, Snapdragon 8150. Ya! Inilah chipset penerus Snapdragon 845 dan kini kinerja awalannya sudah tercatat di Geekbench.

Updated

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, baru-baru ini telah hadir smartphone layar lipat pertama dan perangkat tersebut datang dengan nama FlexPai. Menariknya, FlexPai yang memiliki layar berukuran 7,8 inci ini datang dengan otak Snapdragon 8150 yang memiliki fabrikasi 7 nanometer.

Ya! otak yang terpasang di dalam perangkat tersebut adalah chipset terbaru yang bakal diperkenalkan oleh Qualcomm di akhir tahun ini. Snapdragon 8150 yang sebelumnya disebut-sebut Snapdragon 855 merupakan penerus dari chipset Snapdragon 845 yang dipakai oleh kebanyakan smartphone flagship.

Bocorannya, chipset Snapdragon 8150 itu sendiri dibangun berdasarkan core Kryo generasi terbaru. Konfigurasinya bukan lagi 4 + 4, tetapi sejumlah rumor menyebutkan bahwa Qualcomm akan mengemas chipset ini dengan konfigurasi 2 + 2 + 4.

Ya! Bisa dibilang Snapdragon 8150 memiliki kemiripan desain tiga tingkat yang dipunyai Kirin 980 yang juga dibangun dengan teknologi fabrikasi 7 nanometer. Dua core berkaitan dengan kinerja, dua core untuk kecepatan dan empat core kecil untuk menangani tuga-tugas yang lebih ringan.

Satu hal yang tak kalah mengejutkan, performa Snapdragon 8150 ini rupanya sudah tercatat di situs Geekbench. Ada peningkatan yang yang sangat kuat yang berhasil dibangun oleh Qualcomm terhadap Snapdragon 8150 dibandingkan dengan pendahulunya, Snapdragon 845.

Tercatat, dalam pengujian multi-core, skor yang diraih mencapai 10.084 poin dan berhasil menaklukkan Kirin 980 yang ada di dalam Huawei Mate 20 Pro. Meski begitu, chipset ini masih belum bisa melampaui performa Apple A12 Bionic yang ada di dalam Apple iPhone Xs Max.

Lantas, bagimana dengan pengujian single-core? Seperti yang kita lihat, Snapdragon 8150 hanya mampu meraih skor 3.181 poin. Tak hanya tertinggal oleh Apple A12 Bionic, chipset ini juga kalah dengan Kirin 980 yang ada di dalam Huawei Mate 20 Pro.

Baca juga

Namun yang patut diperhatikan bahwa ini adalah hasil awal dan tentunya masih terbuka kesempatan bagi Qualcomm untuk berbenah diri. Dengan begitu, kehadiran Snapdragon 8150 nantinya bisa kembali menorehkan tinta emas seperti Snapdragon 845 yang begitu disukai oleh banyak pabrikan smartphone.

Comments

Populer