Harga dan Spesifikasi BlackBerry Priv

Harga

Rp8-8,3 juta

Bodi

147 x 77.2 x 9.4 mm, 192 gram

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 808 hexa-core 1,8 GHz

GPU

Adreno 418

RAM

3 GB

Storage

32 GB

Layar

5.4 inci (2.560 x 1.440 piksel)

Kamera

18 MP & 5 MP (2.160p @30fps, 1.080p @60fps)

Baterai

3.410 mAh

Sistem Operasi

Android 5.1

Jaringan

4G LTE

Sensor

Accelerometer, proximity, compass

Spekulasi yang menyebutkan harga BlackBerry Priv menyentuh angka Rp8 juta atau bahkan lebih bukanlah hal yang mengejutkan, karena memang sebelumnya jajaran smartphone besutan vendor asal Canada ini dominan mengisi segmen kelas atas. Yang ditunggu-tunggu pada BlackBerry Priv adalah, karena varian ini menjadi smartphone pertama BlackBerry yang menggunakan sistem operasi Android.

Lupakan BlackBerry 10

Bisa saja ini menjadi sebuah keputusan yang tepat, BlackBerry Priv yang menjalankan sistem operasi Android 5.1 dipadukan dengan sistem keamanan BlackBerry akan menjadikan Priv smartphone yang sangat aman digunakan. Kolaborasi ini diharapkan mampu membawa BlackBerry bersaing merebut calon pengguna baru serta mengembalikan pengguna setia mereka yang sempat beralih ke perangkat Android.

Layar edge curve 5,4 inci

priv-harga

BlackBerry Priv hadir dengan layar berukuran 5,4 inci beresolusi 2.560 x 1.440 piksel dan kerapatan yang tinggi yakni 544 ppi. Selain memiliki spesifikasi layar yang mumpuni, siapa yang bisa menolak desain layar “edge curve” yang membuat tampilan BlackBerry Priv tidak kalah menarik dan elegan dibandingkan dengan smartphone flagship lainnya. Untuk menjaga layar tetap menyala, BlackBerry Priv memiliki baterai berkapasitas tergolong besar yakni 3.410 mAh.

Ditenagai oleh Snapdragon 808

Meskipun baru pertama kalinya menciptakan smartphone Android, BlackBerry yakin bisa bersaing dengan jajaran smartphone flagship lainnya. Prosesor hexa-core Qualcomm Snapdragon 808 yang digunakan BlackBerry Priv merupakan prosesor kelas atas yang juga digunakan oleh LG, Xiaomi, dan vendor lainnya untuk produk flagship mereka. Begitu juga dengan kapasitas RAM cukup besar 3 GB dan GPU Adreno 418 untuk menunjang performa, membuat harga BlackBerry Priv memang layak dipatok cukup tinggi.

Keyboard fisik yang menjadi andalan

priv-keyboard

Keyboard fisik yang tersembunyi di balik slider yang menjadi ciri khas BlackBerry masih tetap dipertahankan pada Priv, karena mengetik dengan keyboard fisik dinilai masih cara yang paling nyaman. Sedangkan keyboard virtual terdapat di layar layaknya perangkat Android pada umumnya.

Kamera 18 MP dengan lensa Schneider-Kreuznach

priv-kamera

Disektor kamera, BlackBerry Priv bahkan mengungguli beberapa smartphone flagship saat ini seperti Samsung Galaxy S6 series dan LG G4 yang hanya mengandalkan kamera 16 MP serta iPhone 6s dengan kamera 12 MP-nya.

Kamera beresolusi 18 MP yang disematkan pada BlackBerry Priv dirancang menggunakan lensa Schneider-Kreuznach lengkap dengan fitur optical image stabilizer, dan mampu menghasilkan video setara 4K. Sedangkan dibagian depan, varian ini telah dibekali dengan kamera beresolusi 5 MP.

Dukungan 4G plus slot microSD

Sudah bisa ditebak, Blackberry Priv masuk dalam jajaran seri berbasis 4G LTE karena chipset 64-bit Snapdragon 808 yang digunakan telah mengintegrasikan modem LTE Advanced Category 6 mampu menyajikan kecepatan download hingga 300 Mbps. Selain slot SIM card mendukung 4G, turut disertakan satu slot microSD yang akan menopang storage bawaan 32 GB. Slot tersebut terletak di atas slider di sisi kanan bodi.

Spesifikasi dan harga siap bersaing

Spesifikasi BlackBerry Priv diharapkan siap bersaing dengan jajaran smartphone kelas atas lainnya untuk mengembalikan pamor BlackBerry yang kian meredup ditengah gempuran smartphone Android. Meskipun harga yang ditawarkan untuk BlackBerry Priv tidak bisa dibilang murah, namun masih berada di bawah rata-rata flagship besutan Samsung yang kian merajai bursa smartphone saat ini.

(last edit: 3 June, 2017 / 8:20 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
65%
Mau
23%
Biasa Aja
7%
Payah!
6%
Tentang Penulis
Rolly Martha

Pengguna Xiaomi Redmi 3. Mulai menekuni dunia web sejak 2010, suka lupa waktu apabila di depan PC/Laptop, Senang juga dengan dunia balap motor MotoGP.