BlackBerry Priv Menggoda dengan OS Android dan Keyboard Fisik

Seberapa banyak pengguna smartphone BlackBerry saat ini? Di Indonesia sendiri sebagai salah satu market terbesar BlackBerry, penggunanya sudah semakin sedikit, tergerus oleh perangkat Android. Mungkin karena alasan inilah, akhirnya BlackBerry "nekat" merilis smartphone Android pertamanya. Bisa jadi, smartphone ini bakal mengangkat kembali pamor BlackBerry yang telah runtuh.

Terdengar lucu memang, ketika BlackBerry yang sebenarnya punya OS sendiri justru menggunakan Android. Namun hal tersebut sah-sah saja dilakukan. Sebelumnya, smartphone dengan OS BlackBerry 10 juga sudah bisa menjalankan beberapa aplikasi Android.

BlackBerry menamakan smartphone Android pertamanya Priv, bukan Venice seperti yang digosipkan selama ini. CEO BlackBerry, John Chen, punya alasan sendiri atas penamaan tersebut. Nama Priv (dari kata privacy) dipilih karena smartphone ini nantinya bakal mengandalkan sistem keamanan dari BlackBerry yang terkenal sulit ditembus. Jadi, smartphone ini bakal memadukan ekosistem Android dengan sistem keamanan dari BlackBerry.

BlackBerry Priv bakal melenggang dengan disertai keyboard fisik yang memang menjadi ciri khas BlackBerry selama ini. Keyboard tersebut hadir dengan sistem slide layaknya BlackBerry Torch series. Namun hingga saat ini, BlackBerry belum membeberkan kapan BlackBerry Priv bakal tersedia. Meski hadir dengan OS Android, BlackBerry menegaskan bahwa mereka masih tetap mengembangkan OS BlackBerry 10 nantinya.

(last edit: 26 September, 2015 / 8:06 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
22%
Mau
41%
Biasa Aja
22%
Payah!
16%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.