/ Samsung

Bersaing dengan Sony, Samsung Perkenalkan Dua ISOCELL Terbarunya

Dalam teknologi kamera yang ada di smartphone, sensor yang dikembangkan oleh Sony bersaing ketat dengan milik Samsung, yakni ISOCELL. Bisa dikatakan, Samsung juga terus membenahi kemampuan sensor kameranya tersebut.

Bahkan, pabrikan elektronik asal Korea Selatan tersebut belum lama ini telah memperkenalkan dua sensor ISOCELL terbarunya. Keduanya oleh Samsung dikemas ke dalam kategori Fast dan Slim. Tentu saja, ini menjadi sebuah inovasi menarik yang kembali diperlihatkan oleh Samsung.

Sensor ISOCELL yang masuk ke dalam kategori Fast adalah ISOCELL Fast 2L9 dengan resolusi 12 MP Dual-Pixel. Menariknya, dengan hadirnya 2L9, Samsung juga berhasil mengeleminasi benjolan kamera sehingga lebih ramping ketika disisipkan pada smartphone dengan bodi tipis sekalipun.

Sensor Samsung ISOCELL Baru

Tak hanya itu, sensor dengan resolusi 12 MP ini juga memiliki ukuran piksel lebih kecil, yakni mencapai 1,28 µm. Ya! ukuran tersebut jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan piksel sensor kamera Galaxy S8 yang mencapai 1,4 µm).

Sensor ISOCELL Fast 2L9 ini juga sudah menggunakan Dual-Pixel dengan dua dioda foto pada setiap pikselnya. Hasilnya, gambar bisa terlihat lebih tajam dan kerja autofocus yang lebih cepat serta akurat.

Bahkan Samsung pun berani sesumbar,  bahwa hal ini memungkinkan sensor ISOCELL Fast 2L9 mengambil foto bokeh yang terlihat lebih menyenangkan dan dramatis hanya dengan menggunakan satu kamera saja.

Sedangkan pada kategori Slim, Samsung mengemasnya menjadi ISOCELL Slim 2X7 yang memiliki resolusi 24 MP. Ini sekaligus jadi sensor ISOCELL pertama yang menggunakan ukuran piksel lebih kecil dari 1 µm, yakni 0,9 µm.

Daya tarik dari ISOCELL Slim 2X7 ini adalah dalam keadaan gelap, sensor akan menggabungkan 4 piksel sekaligus yang bertujuan untuk meningkatkan kepekaan cahaya. Oleh Samsung ini disebut Tetracell.

Selain itu, Deep Trench Isolation yang dimiliki oleh ISOCELL Slim 2X7 juga menjanjikan adanya peningkatan dynamic range dan penuruan color crosstalk. Tak berbeda dengan Fast 2L9, Slim 2X7 juga cocok disematkan pada smartphone dengan bodi yang tipis.

Samsung juga menegaskan, tak hanya untuk kamera utama, ISOCELL Fast 2L9 dan Slim 2X7 juga dapat disematkan pada kamera depan. Sayangnya, Samsung belum mau menyebutkan, smartphone apa yang nantinya akan pertama kali mengadopsi sensor barunya ini.

Meskipun begitu, Samsung juga berjanji bahwa mereka tak akan berhenti untuk melakukan pengembang sensor ISOCELL hanya sampai di sini. Disebutkan, Samsung memiliki ambisi yang tinggi untuk menciptakan sensor kamera dibawah ukuran 1 µm.

(last edit: 12 October, 2017 / 6:29 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
69%
Mau
9%
Biasa Aja
24%
Payah!
3%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.