/ Samsung

Bergerak Cepat, Samsung Lebih Awal Persiapkan Seri Galaxy S9

Samsung sepertinya tak pernah berhenti membuat terapi kejut terhadap para kompetitornya, terutama produsen smartphone yang memproduksi perangkat premium. Gosip terbaru, pabrikan elektronik asal Korea Selatan tersebut kabarnya sedang mempersiapkan Galaxy S9.

Seperti kita ketahui bersama, Samsung belum lama ini telah merilis tiga smartphone premium terbarunya, yakni Galaxy S8, Galaxy S8+ dan Note8. Kehadiran ketiganya pun mendapat sambutan positif dari penggila gadget di banyak negara.

Disitat dari Android Headlines, Samsung telah memulai pengembangan firmware untuk dua smartphone premiumnya, yakni yang masuk ke lini Galaxy S9, yang akan diluncurkan pada tahun 2018 nanti.

Dua firmware tersebut memiliki nomor pengembangan G960FXXU0AQI5 dan G965FXXU0AQI5. Nomor pengembangan pertama kemungkinan merujuk pada perangkat yang lebih kecil. Sedangkan nomor pengembangan yang kedua mengacu perangkat yang lebih besar.

Dengan kata lain, Galaxy S9 akan memiliki nomor model SM-G960F, sedangkan Galaxy S9+ nomor modelnya adalah SM-G965F. Informasi ini sepertinya mendekati valid karena sejalan dengan nomor model yang pernah tercantum pada Galaxy S8 (SM-G950X) dan S8+ (SM-G955X).

Kabar Samsung yang tengah menggarap firmware untuk Galaxy S9 Series seolah-olah menunjukkan bahwa generasi penerus Galaxy S8 ini akan menjalani debutnya lebih cepat di tahun 2018 nanti. Diperkirakan dirilis Maret dan dipasarkan pada paruh kedua April.

Memang, peluncuran Galaxy S8 Series sendiri terbilang terlambat. Kebiasaan Samsung, Galaxy S Series diluncurkan bersamaan dengan gelaran Mobile World Congress (MWC) yang berlangsung di kota Barcelona, Spanyol.

Namun, untuk tahun 2017 ini, Samsung terpaksa memundurkan jadwal peluncuran Galaxy S8 dan S8+. Terpaksa hal ini dilakukan karena Samsung ingin memastikan bahwa kedua smartphone premium besutannya ini hadir dengan aman tanpa ada kendala.

Seperti kita ketahui bersama, Samsung sempat mengalami "tragedi" tak menyenangkan dengan Galaxy Note7. Ya! Beberapa smartphone tersebut yang ada ditangan konsumen mudah meledak dan terbakar. Samsung pun harus menarik besar-besaran Galaxy Note7 dari pasaran.

Kembali ke soal pengembangan firmware Galaxy S9, hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti kapan Samsung akan merilis dan memasarkan smartphone tersebut pada tahun depan nanti. Bisa saja, mereka kembali memanfaatkan momen gelaran MWC 2018.

Seri Galaxy S9 sendiri diperkirakan akan didukung oleh Snapdragon 845 dan Exynos 9810. Selain itu, RAM yang bakal disuntikkan ke dalam smartphone ini besarnya adalah 6 GB dan internal storage 64 GB. Infinity Display dan dual-camera sepertinya juga tidak akan luput disematkan.

(last edit: 30 September, 2017 / 6:30 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
76%
Mau
4%
Biasa Aja
10%
Payah!
12%
Tentang Penulis
Yasser Arafat

Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.