Bentrok dengan Google Now, Fitur Hey Cortana Minggat dari Android

Tidak sampai dua minggu setelah peluncuran aplikasi Cortana untuk iOS dan Android di Amerika Serikat dan Cina, Microsoft sudah mencabut fitur pengaktifan Cortana lewat suara pada perangkat Android. Padahal fitur inilah satu-satunya kelebihan aplikasi Cortana di Android dibanding pengguna iOS.

Menurut informasi yang didapat oleh VentureBeat, Microsoft mendapat laporan dari pengguna bahwa terjadi konfik pada fitur “Hey, Cortana” dengan fitur Voice Search bawaan Android. Inilah yang menyebabkan Microsoft memutuskan untuk mencabut fitur ini sementara waktu sampai ditemukan solusi untuk memperbaikinya.

Hanya dengan mengucapkan “Hey, Cortana” pengguna Android sebenarnya sudah bisa mengaktifkan Cortana. Yang menjadi permasalahan adalah perintah tersebut dianggap mirip dengan perintah “Ok, Google” dari Google Now. Inilah penyebab terjadinya konflik antara kedua fitur tersebut, walau sebenarnya kedua perintah tersebut terdengar sangat berbeda.

Dilihat dari masalah yang terjadi, fitur ini sepertinya hanya berlaku pada pengguna di wilayah Amerika Serikat saja. Inilah salah satu contoh mengapa pihak pengembang memilih untuk merilis aplikasi di beberapa wilayah terpilih dahulu sebelum dirilis secara global.

(last edit: 23 December, 2015 / 10:28 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
15%
Mau
0%
Biasa Aja
10%
Payah!
75%
Tentang Penulis
Novianto Setiawan
Pengguna ASUS ZenFone 6. Game addict yang bisa menghabiskan waktu tidurnya untuk konsentrasi bermain game. Ia memulai karir menulisnya di DroidLime.