/ Apple

Beginilah Cara Bekerja Face ID di iPhone X

Seperti yang sudah diberitakan oleh banyak media, termasuk DroidLime bahwa Apple pada tahun ini akan merilis iPhone terbaru yang bakal diberi nama iPhone X atau iPhone Edition. Digadang-gadang, perangkat ini sangat spesial karena untuk memperingati 10 tahun kehadirannya.

Berbeda dengan generasi iPhone sebelumnya, Apple akan mengemas iPhone X dengan layar penuh yang sudah mengadopsi teknologi OLED. Sayangnya, Apple sudah menegaskan bahwa mereka tidak akan sensor fingerprint Touch ID di bawah layar OLED ini.

Dengan kata lain, pabrikan teknologi yang dipimpin oleh Tim Cook ini akan menyematkan fitur keamanan lainnya yang diberi nama Face ID. Menariknya, sensor keamanan ini sudah mengadopsi face recognition yang mampu mengenali wajah penggunanya

Face ID memungkinkan kamera depan yang disematkan oleh Apple ke dalam iPhone X bisa membuka kunci smartphone. Lebih dari itu, fitur keamanan modern ini juga mampu memverifikasi identitasi untuk pembayaran digital melalui layanan Apple Pay.

Bisa dibilang fungsi Touch ID benar-benar diganti oleh Face ID. Begitu pun saat pengguna ingin menjalankan aplikasi yang membutuhkan konfirmasi keamanan. Seperti disebutkan oleh analis Ming-Chi Kuo pada Februari 2017 lalu bahwa fitur keamanan ini sangat revolusioner.

Untuk konfigurasi awal dari Face ID, pengguna iPhone X akan mengambil wajah mereka dari berbagai sudut. Selanjutnya, kamera iPhone dapat mengenali wajah dengan lebih akurat karena bisa mendeteksi wajah secara 3D.

Tentu saja, teknologi ini tak lepas dari peran besar RealFace yang berhasil diakuisisi oleh Apple. Perangkat lunak besutan RealFace ini secara internal akan menghasilkan peta 3D dari wajah pengguna, yang menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk telepon.

Disebutkan teknologi yang dikembangkan oleh RealFace ini juga sangat sensitif sehingga bisa mengidentifikasi kembar identik dengan benar. Terkait dengan hal itu, tentu saja Apple bisa dikatakan benar-benar ingin membuktikan keamanan yang optimal pada iPhone X.

Dalam video yang dibocorkan oleh seorang developer bernama Guilherme Rambo, memperlihatkan bagaimana Face ID bekerja pada iPhone X. Pertama-tama, pengguna diminta untuk melakukan kalibrasi wajah hingga proses ini selesai.

Selanjutnya, ketika pengguna ingin membuka smartphone, arahkan wajah ke layar hingga kamera depan iPhone X benar-benar mengenali wajah secara tiga dimensi. Apple juga menjanjikan proses untuk mengenali wajah ini bisa dilakukan lebih cepat.

(last edit: 11 September, 2017 / 1:47 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
52%
Mau
7%
Biasa Aja
36%
Payah!
7%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.