Connect with us
Tech News

Begini Cara Kerja Kamera Selfie Underdisplay Bikinan Xiaomi

Xiaomi berhasil menemukan cara menempatkan kamera selfie di bawah panel layar smartphone. Lalu bagaimana cara teknologi ini bekerja?

Updated

Pertarungan inovasi dalam menghadirkan layar smartphone berbezel tipis serta tanpa gangguan poni memasuki babak baru. Setelah sebelumnya Vivo jadi pelopor kamera pop-up motorik, kini dua perusahaan China lainnya, OPPO dan Xiaomi sedang berkompetisi.

Keduanya belum lama ini sudah merilis video teaser prototype smartphone dengan kamera selfie underdisplay. Ya, teknologi ini mirip seperti fingerprint underdisplay yang kasat mata yang terbenam di bawah panel layar.

Lantas, bagaimana cara kerjanya? Xiaomi akhirnya angkat bicara. Xiaomi berhasil menerapkan kamera selfie ini pada posisi paling atas sama seperti biasanya. Hanya saja alih-alih menggunakan tepian (poni) di sekeliling kamera tersebut, Xiaomi memilih menggunakan “kaca khusus”.

Kaca khusus tersebut memiliki tingkat refleksi sangat rendah namun memiliki daya penghantar tinggi. Teknologi ini memungkinkan layar menjadi transparan sehingga tidak menghalangi modul kamera saat memotret selfie.

Baca juga

Namun lebih jauh Xiaomi menegaskan kalau teknologi ini sebenarnya masih belum benar-benar sempurnya. Artinya masih ada perbaikan yang harus dilakukan untuk benar-benar bisa mengimplementasikannya secara nyata dan aman.

Comments

Populer