Bahayakah Menggunakan Smartphone Saat Hujan Petir?

Akibat pemanasan global, cuaca saat ini sungguh tak menentu dan sulit untuk diprediksi. Kadang cerah, kadang hujan lebat disertai petir. Lalu, bahayakah menggunakan smartphone dikala hujan petir melanda tempat tinggal kita? Nah, pertanyaan semacam ini seringkali ditanyakan orang awam kepada kami.

Beberapa waktu yang lalu kita sempat mendengar kabar buruk mengenai pengguna smartphone yang tersambar petir hingga meninggal dunia. Lalu apakah hal ini menjadi indikasi bahwa menggunakan smartphone ketika hujan petir benar-benar berbahaya?

Jika Anda perhatikan, produsen smartphone sebenarnya telah memberikan tanda peringatan pada boks penjualan smartphone atau pun pada baterai smartphone mengenai bahaya ini. Bahwasanya komponen logam atau bahan konduktif pada smartphone dapat menangkap gelombang elektromagnetik yang mana dapat menghasilkan sebuah medan listrik.

hujan

Medan listrik tersebut terdiri dari ion dan molekul udara yang berpotensi mengalirkan listirk saat hujan petir terjadi. Jadi, menggunakan smartphone saat terjadi hujan disertai petir memang berpotensi untuk tersambar petir.

Namun, menurut Australian Mobile Telecommunications Association (AMTA) hal ini tergantung dimana Anda menggunakan smartphone tersebut. Kebanyakan korban tersambar petir akibat penggunaan smartphone di ruang terbuka, di bawah pohon, tiang listrik, ataupun struktur logam yang berisiko tersambar petir. Jika Anda menggunakannya di ruang tertutup seperti di dalam rumah, sangat kecil kemungkinan untuk tersambar petir.

Tapi meski terbilang aman menggunakan smartphone di dalam rumah, alangkah lebih baiknya jika Anda tidak menggunakannya ketika hujan petir menerpa tempat tinggal Anda. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

(last edit: 1 April, 2017 / 8:16 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
97%
Mau
2%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
Tentang Penulis
David Theo
Pengguna Xiaomi Redmi 3s dan Zenfone 3. Memulai karir sebagai web developer dan kini menjadi penulis paling muda di DroidLime.