Connect with us
VivoBookPro
Tech News

Backup Data di Android ke Google Drive akan Hadirkan Opsi Manual

Kabarnya Google sedang mempersiapkan opsi backup manual dari perangkat Android ke Google Drive. Mengenai hal itu, bocorannya sudah diungkap oleh pembaca 9to5Google via Twitter.

Updated

Hingga saat ini layanan Google Drive terus memantau banyak data smartphone Android yang kalian gunakan. Mulai dari pesan teks, data aplikasi, kontak hingga riwayat panggilan. Sayangnya proses backup dari smartphone yang kalian gunakan ke Google Drive akan berjalan secara otomatis.

Ya! Google tidak menyediakan opsi untuk membackup data kalian secara manual. Smartphone Android secara otomatis akan membackup data ke Google Drive saat perangkat dicolokkan ke pengisi daya atau terhubung ke Wi-Fi. Jika kondisi ini tidak terpenuhi, kemungkinan data kalian tidak dibackup.

Terkait dengan hal itu, baru-baru ini pembaca 9to5Google telah berkicau lewat Twitter. Ia menuliskan bahwa ada opsi baru di menu pangaturan backup yang memungkinkan pengguna bisa secara manual untuk memulai backup pada Google Drive.

Sayangnya, Google hingga saat ini belum mengonfirmasi hal itu dan fitur tersebut memang belum ada di dalam Google Drive. Namun tak sedikit yang menduga bahwa raksasa teknologi mesin pencari tersebut akan menghadirkan fitur barunya itu di masa depan saat mereka mengumumkan pembaruan Android.

Menurut pembaca 9to5Google itu, ia melihat tombol “Back up now” di Pixel 2 miliknya. Selain itu, ia juga melihatnya di beberapa perangkat yang lebih tua, termasuk Turbo Droid yang masih menjalankan sistem operasi Android Marsmallow.

Baca juga

Tampaknya nanti opsi ini nantinya akan diluncurkan ke lebih banyak perangkat melalui layanan Google Play. Artinya, Google akan menghindari pendistribusian via OTA. Selain itu, opsi baru ini juga akan lebih mempermudah pengguna untuk memastikan bahwa datanya sudah benar-benar dibackup.

Comments

Populer