Asyiknya Menonton Video 360 Derajat di Timeline Facebook

Beberapa waktu lalu, Facebook mengakuisisi Oculus, perusahaan yang merancang dan memproduksi headset virtual reality bernama Oculus Rift. Akuisisi tersebut kini sudah bisa dinikmati untuk khalayak umum langsung di timeline Facebook mereka.

Facebook secara resmi mengumumkan dukungan video 360 derajat yang bisa di-upload dan diputar di timeline Facebook. Video 360 derajat sendiri bisa diciptakan dengan menggunakan alat dan teknik khusus. Sedangkan untuk menikmatinya bisa dilakukan menggunakan perangkat apapun.

Ketika menggunakan desktop PC atau notebook, Anda bisa menonton video dan melihat beragam sisi di dalam video dengan menggeser kursor mouse ke arah mana pun yang Anda mau. Sedangkan saat menggunakan smartphone atau tablet, Anda bisa langsung menggerakkan perangkat ke arah mana pun yang Anda mau.

Saat ini sudah ada beberapa video 360 yang bisa dinikmati, seperti Star Wars, Discovery, GoPro, LeBron James & Uninterrupted, NBC’s Saturday Night Live, dan VICE. Video 360 pada timeline Facebook akan lebih dulu hadir pada platform Android dalam waktu dekat dan menyusul iOS dalam beberapa bulan ke depan. Anda bisa melihat contoh video 360 melalui video Avicii di bawah ini dengan menggerakkan kursor mouse Anda.

(last edit: 24 September, 2015 / 6:30 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
40%
Mau
0%
Biasa Aja
60%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.