ASUS Zenfone 2 vs OnePlus One

Punya bujet cukup banyak untuk membeli smartphone flagship Android di semester awal tahun ini? Siapkan dana setidaknya Rp4 juta, Anda bisa mendapatkan salah satu dari dua flagship Android paling fenomenal tahun ini. Apalagi kalau bukan ASUS Zenfone 2 ZE551ML dan OnePlus One.

Desain dan handling

ASUS Zenfone 2 memiliki dimensi layar 5,5 inci, begitu juga dengan OnePlus One. Namun bicara desain, keduanya menganut paham yang berbeda. ASUS merancang Zenfone 2 dengan bentuk elegan dan premium berkat material plastik yang dapat memantulkan cahaya, membuatnya terlihat berkilau saat terkena sorotan cahaya.

OnePlus One lebih memilih menggunakan material kasar berbahan sandstone yang unik, kesat di tangan, serta tidak mudah tergores. Bentuk OnePlus One juga lebih tipis (8,9 mm) dibanding ASUS Zenfone 2 (10,9 mm). Bagi Anda yang suka smartphone dengan bodi ringkas, OnePlus One lebih bersahabat di tangan.

Di bagian depan, ASUS Zenfone 2 dan OnePlus One sama-sama memiliki lampu notifikasi LED. Notifikasi milik OnePlus One bisa diubah warnanya melalui menu settings. Sementara tombol menu milik Zenfone 2 tidak memiliki backlight dan OnePlus One memilikinya.

User interface

ASUS dan OnePlus tidak sembarangan dalam merancang user interface untuk masing-masing smartphone kebanggannya. ZenUI pada ASUS Zenfone 2 adalah versi terbaru yang sudah mengalami peningkatan. Selain performa yang lebih responsif, ZenUI milik Zenfone 2 sudah dilengkapi ZenMotion, yakni fungsi gesture untuk membuka aplikasi apapun.

Fungsi gesture juga dapat ditemukan pada Cyanogen milik OnePlus One, yakni untuk membuka aplikasi kamera serta memutar musik. Bagi Anda yang hobi mengutak-atik tampilan smartphone, kedua smartphone menawarkan banyak kustomisasi, yakni dengan menyediakan theme, font, hingga icon pack.

ASUS Zenfone 2 mengusung sistem operasi Android 5.0. Di dalamnya sudah ter-install banyak bloatware, sebagian terasa bermanfaat, sebagian lagi tidak terlalu berguna. Tak mau kalah, OnePlus One juga sudah menggunakan OS Android Lollipop 5.0.2, namun sepi aplikasi tambahan. Karenanya, ZenUI pada ASUS Zenfone 2 mengonsumsi RAM 1,5 GB, sedangkan Cyanogen pada OnePlus One hanya memakan 1 GB saja.

Hardware dan performa

Persaingan ketat keduanya berlanjut di sisi hardware dan performa. Pertarungan antara dua raksasa chipset mobile, Intel dan Qualcomm memang menarik untuk disimak. ASUS Zenfone 2 tampil menjanjikan dengan CPU 4-core 64-bit Intel Atom Z3580 2,3 GHz, GPU PowerVR G6430, serta RAM ekstra besar 4 GB. OnePlus One tak mau kalah dengan CPU 4-core Snapdragon 801 2,5 GHz, GPU Adreno 330, dan RAM 3 GB.

Performa multitasking keduanya di atas kertas terasa seimbang. Namun ASUS Zenfone 2 berhasil menunjukkan performa sedikit lebih baik ketika Anda menjalankan lebih dari lima aplikasi atau game bersamaan. Tak mengherankan memang, karena Zenfone 2 memiliki kapasitas RAM lega. Namun bukan berarti OnePlus One tak mampu menunjukkan performa impresif untuk multitasking.

Kami juga mengadu performanya menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu, PCMark, dan 3DMark Ice Storm. Performa komputasi OnePlus One sedikit lebih baik dengan skor 49.579 poin dibanding ASUS Zenfone 2 dengan skor 46.625 poin. Untuk bermain game, performa keduanya berimbang, sementara untuk fungsi produktif seperti mengedit foto, ASUS Zenfone 2 memiliki performa lebih cepat dan responsif.

Untuk menonton dan bermain game, layar ASUS Zenfone 2 dan OnePlus One sama-sama berkualitas. Hanya saja, secara default layar keduanya memiliki perbedaan karakter. Layar Zenfone 2 terlihat lebih warm (kekuningan), layar OnePlus One terlihat lebih cool (kebiruan). Namun Anda bisa mengubah karakter masing-masing layar dari menu settings. Sayangnya, OnePlus One hanya mengandalkan storage 64 GB dan tidak memiliki slot microSD seperti ASUS Zenfone 2.

Kamera

Aplikasi kamera pada ASUS Zenfone 2 menawarkan lebih banyak mode foto dibanding milik OnePlus One. Namun untuk memotret dengan mode standar, hasil jepretan kamera keduanya sama-sama dapat menghasilkan foto 13 MP yang tajam dan detail.

Kamera Zenfone 2 dapat hasilkan foto dengan warna lebih akurat. Pada OnePlus One, hasil jepretan terlihat lebih terang. Untuk memotret dari jarak dekat, kamera Zenfone 2 dapat mengungguli kamera OnePlus One. Tidak hanya lebih tajam, hasil foto milik Zenfone 2 juga terlihat lebih bokeh.

Kesimpulan

ASUS Zenfone 2 menawarkan desain elegan, namun OnePlus One memiliki bentuk lebih tipis sehingga lebih terasa nyaman bagi kebanyakan pengguna. Untuk performa, keduanya menawarkan pengalaman yang sama baik dan didukung UI yang menawarkan banyak kustomisasi. Perbedaan paling mencolok yakni pada sisi interface, dimana ASUS Zenfone 2 mendukung dual SIM dan microSD, sementara OnePlus One hanya mendukung single SIM tanpa microSD. Dari sektor kamera, hasil jepretan keduanya sama tajam. Namun kamera Zenfone 2 lebih unggul dalam memotret close-up.

(last edit: 13 July, 2015 / 9:44 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
92%
Mau
8%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.