ZenFone 2 dan Galaxy S6 Tercepat dalam Hal Pengisian Baterai

Selain prosesor cepat dan RAM besar, kapasitas baterai yang dimiliki sebuah smartphone juga seringkali menjadi tolok ukur bagi calon pembeli. Apapun sistem operasinya, baterai smartphone kerap habis lebih cepat dari yang diharapkan. Mengisi smartphone sehari sekali sudah menjadi hal yang lumrah.

Untuk menyiasatinya, produsen smartphone memiliki dua cara. Pertama yakni dengan meningkatkan kapasitas baterai. Cara kedua yakni menyematkan teknologi fast charge atau quick charge. Cara pertama biasanya digunakan dan diterapkan untuk smartphone menengah ke bawah, sementara cara kedua diterapkan untuk smartphone kelas atas.

Saat ini ada banyak smartphone yang mendukung teknologi quick charge. Sebut saja Google Nexus 6, OPPO R5, LG G4, ASUS ZenFone 2, Samsung Galaxy S6, dan sederet smartphone kelas atas lainnya. Tahukah Anda, siapa yang tercepat?

quick-charge-roundup

Berdasarkan hasil pengujian Tom's Guide, dilaporkan ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy S6 menjadi yang tercepat. Baterai ZenFone 2 dapat terisi hingga 17 persen dalam waktu lima menit dan mencapai 32 persen dalam waktu 32 menit. Sementara baterai Galaxy S6 bisa terisi 80 persen dalam waktu 48 menit.

Secara total, pengisian baterai Samsung Galaxy S6 jadi yang terdepan. Mengisi penuh baterainya hanya membutuhkan waktu 1 jam 22 menit. Di posisi kedua ada ASUS ZenFone 2, dimana baterainya dapat terisi penuh dalam waktu 1 jam 49 menit. Hal tersebut sangat wajar mengingat baterai ZenFone 2 memiliki daya lebih besar (3.000 mAh) dibanding baterai Galaxy S6 (2.550 mAh).

(last edit: 25 August, 2015 / 7:13 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
100%
Mau
0%
Biasa Aja
0%
Payah!
0%
Tentang Penulis
Romi Hidayat

Pengguna iPhone X. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.