Connect with us
MaxProM1
Tips

Asli atau Palsu? Ini Cara Uji Kecepatan MicroSD di Android

Updated

Memori internal yang besar merupakan sebuah kebutuhan wajib smartphone masa kini. Beberapa aplikasi dan game Android, terutama game dengan grafis yang kompleks membutuhkan ruang penyimpanan cukup besar agar bisa di-install.

Salah satu cara umum yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan memori eksternal. Saat ini sudah tersedia beragam memori dengan piihan penyimpanan yang bisa Anda gunakan di smartphone Android.

Memori dengan tipe microSD tersebut hadir dengan berbagai kecepatan. Semakin cepat memori tersebut melakukan baca dan tulis, tentu akan semakin bagus. Untuk mengetahui seberapa cepat microSD bekerja, sepertinya Anda bisa mencoba aplikasi SD Card Test berikut ini.

Menguji kecepatan microSD

Pertama-tama, download aplikasi SD Card Test dan install seperti biasa di perangkat Android. Buka aplikasinya lalu pilih jenis penyimpanan yang ingin Anda uji kecepatannya.

Anda bisa menguji kecepatan Write atau Read satu per satu. Lalu untuk memulai pengujian, klik tombol Start. Setelah beberapa saat pengujian berlangsung, Anda akan melihat kecepatan kartu memori tersebut pada grafik di atas. Pastikan kecepatannya sesuai dengan yang tertera di kemasan microSD.

Baca juga

Itulah cara mudah untuk mengetahui kecepatan kartu memori eksternal maupun internal di Android. Jika Anda punya rekomendasi aplikasi lainnya, jangan lupa share di kolom komentar. Selamat mencoba!

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.