Connect with us
MaxProM1
Tech News

Apple Sempat Blokir Telegram Karena “Konten Tak Pantas”

Updated
Telegram

Kabar mengejutkan dari aplikasi perpesanan Telegram. Apple sempat menghapus aplikasi resmi Telegram dari AppStore milik Apple tidak lama setelah Telegram meluncurkan Telegram X. Aplikasi tersebut sejatinya sedang dalam tahap uji coba untuk platform iOS, namun juga dihapus oleh Apple. Apa penyebabnya?

Pavel Durov selaku CEO Telegram mengungkapkan bahwa aplikasi miliknya diblokir oleh Apple lantaran mengandung “konten yang tidak pantas” untuk para penggunanya. Namun tidak dijelaskan detailnya.

Pihak Telegram pun segera melakukan pembenahan dan berharap Telegram akan segera kembali ke Apple AppStore. Akhirnya tidak perlu memakan waktu lama, Telegram pun resmi kembali mengudara ke AppStore.

Telegram sendiri mendapatkan popularitas karena keamanannya yang sangat luar biasa sebagai pionir aplikasi perpesanan yang mampu melakukan percakapan dengan end-to-end encryption. Kemampuan ini pun telah diadopsi oleh aplikasi perpesanan lainnya.

Tingkat keamanan luar biasa milik Telegram kadang dikritik oleh pemerintahan di seluruh dunia karena dikhawatirkan akan digunakan oleh jaringan terorisme. Masalah mengenai konten tak pantas memang sangat sensitif apalagi untuk negara kita di Indonesia.

Baca juga

Bukan cuma Apple, pemerintah Indonesia pun pernah berupaya memblokir Telegram dan menekan pihak Telegram untuk membentuk tim moderator guna menghapus konten yang terkait dengan terorisme.

Comments

Populer

2014 - 2018 DroidLime.com.
Android is a trademark of Google LLC. DroidLime are not affiliated, associated, authorized, endorsed by, or in any way officially connected with Google LLC., or any of its subsidiaries or its affiliates.