Apple Kembangkan Teknologi Peta Berbasis Augmented Reality

Now Reading
Apple Kembangkan Teknologi Peta Berbasis Augmented Reality

Baru-baru ini, Selasa (08/11/2016), Apple mematenkan teknologi Augmented Reality Maps. Seperti dipublikasikan oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, Augmented Reality Maps merupakan aplikasi pemetaan yang mampu menyajikan tampilan peta serta pemandangan lingkungan sekitar secara real-time dari layar smartphone tanpa memerlukan perangkat AR.

Seperti dilansir dari PhoneArena, berdasarkan keterangan patennya, Apple melihat peluang penggunaan AR untuk keperluan navigasi. Misalnya pengguna bisa memilih suatu titik lokasi tertentu dan setelah dipilih nantinya pengguna akan mendapatkan rute jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai titik lokasi yang telah dipilih melalui sebuah video yang langsung dimunculkan oleh kamera smartphone.

Sistem ini akan secara otomatis mendeteksi orientasi perangkat, kemiringan, jarak pandang, dan lokasi GPS agar penggunanya akan mendapatkan informasi arah yang akurat. Jika Anda menghadap ke Selatan, akan tetapi rute yang harusnya dituju adalah ke Utara maka indikator akan muncul di layar untuk memberitahukan bahwa Anda harus berbalik.

Tidak seperti GPS biasa yang hanya menampilkan peta dengan sudut pandang burung. Dengan Augmented Reality Maps, pengguna smartphone dapat melihat gambar yang menyajikan petunjuk jalan untuk pergi ke suatu tempat berupa garis, jalanan menurun, sudut berbalik arah, dan sebagainya.

Selain itu, sistem ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengetahui nama jalan dan alamat melalui smartphonenya. Contohnya ketika seseorang sedang mencari jalan namun tidak ada petunjuk jalan maka dengan menggunakan smartphone yang sudah mendukung sistem ini, secara otomatis nama jalan serta informasi lainnya akan muncul.

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
68%
Mau
5%
Biasa Aja
23%
Payah!
5%
About The Author
Yasser Arafat
Pengguna ASUS ZenFone 2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Mengawali karier sebagai jurnalis untuk Koran Joglosemar dan inilahkoran.com.
4 Comments
Leave a response

Leave a Response