Apple Gunakan Tombol Home Baru pada iPhone 7, Apa Alasannya?

Now Reading
Apple Gunakan Tombol Home Baru pada iPhone 7, Apa Alasannya?

Apple merancang iPhone 7 dengan desain yang tak jauh beda dari iPhone 6 dan iPhone 6s. Tapi iPhone 7 tetap membawa perubahan frontal, yakni dengan hilangnya jack audio 3,5 mm serta tombol home yang kini tak lagi bisa ditekan.

Nah, bicara soal tombol home baru yang dirancang Apple, banyak pengamat yang coba menebak alasan di balik perubahan tombol ini. Salah satu alasan terkuat yang muncul adalah karena tombol home ini justru sangat jarang digunakan oleh pengguna iPhone.

Mayoritas pengguna iPhone lebih memilih menggunakan tombol home virtual bernama Assistive Touch. Alasannya karena mereka tak ingin tombol home pada iPhone miliknya jadi cepat rusak jika ditekan terus-menerus. Tanpa adanya tombol menu atau back seperti smartphone Android, tombol home pada iPhone otomatis bakal sering ditekan.

Baca juga: Kalahkan OnePlus 3, iPhone 7 jadi Raja AnTuTu Benchmark

Karena alasan itulah, akhirnya Apple memutuskan mengganti metode penggunaan tombol home pada iPhone 7 yang kini tak lagi bisa ditekan. Untuk menggunakannya cukup disentuh saja dengan sistem Taptic Engine yang bisa bergetar. Feel penggunaannya memang tak seenak tombol home biasa, tapi setidaknya pengguna jadi merasa lebih aman tanpa takut tombol tersebut cepat rusak.

Lihat Juga Review
 
Review Acer E5-553G
 
Review Moto E3 Power
 
Review Vivo Y55
 
Review Lenovo Yoga 500
Bagaimana menurut Anda?
Keren!
65%
Mau
4%
Biasa Aja
22%
Payah!
11%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna iPhone 7 dan ASUS ZenFone 3. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.
8 Comments
Leave a response
  • Saranghae
    September 18, 2016 at 3:04 pm

    Inovasi ?
    Tahan air? sebelum ip7 banyak keleus yg udah tahan air
    Hilangin jack audio? menyusahkan iya
    Airpods? plis baru dibuat jogging 2 meter udah jatoh kemana2 tu airpods..
    dual kamera? banyak smartphone android yg udah pake dual kamera juga
    Tombol home kapasitif + taptic engine? banyak tuh android yg pake home kapasitif yg bisa geter kalo disentuh.
    wkwkwkwk

    • Andri Basuseto
      September 20, 2016 at 7:31 pm

      sebetulnya hampir semua teknologi di iPhone adalah teknologi lama. produk Apple ini bukan salah satu produk yg masih mengusung teknologi lama. sejak 30 tahun lalu Apple selalu mengusung teknologi lama. tapi yg jadi soal bukan lama atau barunya. yg paling menonjol adalah fungsi dr teknologi tersebut. dan tahukah anda bahwa prosesor A10 yg digunakan dalam iPhone ini sebetulnya dual core. tapi menurut speknya memang quad core karena menggunakan versi big.LITLE. dan kenapa masih banyak orang membeli iPhone yg harganya memang tidak murah tp masih berteknologi kuno? alasannya karena OSnya beda. coba kalo iOS itu bebas dipake oleh banyak produsen smartphone dan sudah pasti iPhone tidak laku di pasaran. hal ini sudah terbukti bahwa google nexus juga tidak laku padahal google nexus merupakan produk asli yg di desain oleh google yg di produksi oleh beberapa vendor. salah satu kekuatan utama iPhone adalah monopoli OSnya yg sangat hebat.

  • YanDhika
    September 15, 2016 at 12:12 pm

    inovasi :v ? pppfft vinggangku melayang

  • Heru Karno Saputro
    September 15, 2016 at 8:33 am

    Ckckck…innovatif banget :p

  • Dhany Wibiksana
    September 14, 2016 at 9:29 am

    Telat wae, tapi selalu dibilang inovatif

  • Geraldy Setiawan Bigot
    September 14, 2016 at 9:23 am

    Ya seharusnya dari dulu apple mengikuti gaya ini

Leave a Response