Apple Gunakan Tombol Home Baru pada iPhone 7, Apa Alasannya?

Apple merancang iPhone 7 dengan desain yang tak jauh beda dari iPhone 6 dan iPhone 6s. Tapi iPhone 7 tetap membawa perubahan frontal, yakni dengan hilangnya jack audio 3,5 mm serta tombol home yang kini tak lagi bisa ditekan.

Nah, bicara soal tombol home baru yang dirancang Apple, banyak pengamat yang coba menebak alasan di balik perubahan tombol ini. Salah satu alasan terkuat yang muncul adalah karena tombol home ini justru sangat jarang digunakan oleh pengguna iPhone.

Mayoritas pengguna iPhone lebih memilih menggunakan tombol home virtual bernama Assistive Touch. Alasannya karena mereka tak ingin tombol home pada iPhone miliknya jadi cepat rusak jika ditekan terus-menerus. Tanpa adanya tombol menu atau back seperti smartphone Android, tombol home pada iPhone otomatis bakal sering ditekan.

Karena alasan itulah, akhirnya Apple memutuskan mengganti metode penggunaan tombol home pada iPhone 7 yang kini tak lagi bisa ditekan. Untuk menggunakannya cukup disentuh saja dengan sistem Taptic Engine yang bisa bergetar. Feel penggunaannya memang tak seenak tombol home biasa, tapi setidaknya pengguna jadi merasa lebih aman tanpa takut tombol tersebut cepat rusak.

(last edit: 21 September, 2016 / 7:30 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
64%
Mau
4%
Biasa Aja
21%
Payah!
13%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.