Connect with us
Tech News

Apple akan Bikin MacBook dan iPad di Batam?

Perang dagang Amerika Serikat dengan Cina membuat Apple dan pemasoknya Pegatron mulai melindungi nilai bisnisnya. Ya! Mereka berencana untuk menyasar pabrik di luar Cina, salah satu negara yang disasar adalah Indonesia.

Updated

Imbas dari perang dagang antara pemerintah Amerika Serikat dan Cina, Huawei kena imbasnya. Ya! Tak sedikit beberapa perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang akhirnya mengambil keputusan untuk “memutus” kontrak kerja sama dan kemitraannya dengan Huawei.

Terkait dengan hal itu, Apple dan pemasoknya Pegatron mulai melindungi nilai bisnis mereka dengan memindahkan lebih banyak rantai pasokan perusahaan ke beberapa tempat di luar Cina. Seperti yang ditulis oleh Digitimes, Apple dan Pegatron lebih memilih Indonesia ketimbang Vietnam.

Bukan tanpa alasan mengapa akhirnya Apple melirik Indonesia. Ya! Mereka mengatakan bahwa Indonesia dipilih karena memiliki tenaga kerja yang lebih baik. Sepertinya, Pegatron siap untuk merakit MacBook dan iPad di Batam, Indonesia, dengan produksi dijadwalkan mulai bulan depan.

Digitimes juga mengungkap, pekerjaan tersebut akan disubkontrakkan oleh Pegatron ke PT Sat Nusapersada. Meski begitu, petinggi Pegatron belum mau menyebutkan nama klien yang akan bekerja, ada kemungkinan besar Apple masuk ke dalam dalam daftar tersebut.

Pegatron sendiri sudah mempersiapkan investasinya sebesar US$ 300 juta di pabrik di Indonesia untuk mencapai tujuannya ini, dan mereka tampaknya cukup percaya diri. CEO PT Sat Nusapersada mengklaim bahwa produktivitas Indonesia lebih unggul dari Cina, dengan tingkat turnover 2% yang relatif kecil.

Produsen kontrak alias supplier Apple memang mengalami volatilitas dalam tenaga kerja mereka, meskipun ini telah dikaitkan dengan masalah upah dan kualitas hidup sebagai perubahan besar dalam permintaan produk. Ya! Ini jadi sebuah permasalah yang pelik yang sempat dialami oleh Apple.

Baca juga

Namun, Pegatron bukan satu-satunya pemasok utama Apple yang ingin merakit produk di luar Cina. Ada juga Foxconn yang telah mengonfirmasi rencananya sendiri untuk memulai produksi massal iPhone di India akhir tahun ini.

Via: 9to5mac
Comments

Populer