/ Apple

Apple Ajukan Paten iPhone dengan Layar Lipat

Belum lama ini kami telah memberitakan bahwa Samsung berkeinginan untuk memproduksi smartphone yang disokong dengan layar fleksibel dengan sebutan Galaxy X. Rupanya tak hanya Samsung ke pincut dengan smartphone layar fleksibel, Apple pun demikian.

Ya! beberapa waktu lalu Lembaga Paten dan Trademark di Amerika Serikat baru saja menerbitkan sebuah aplikasi yang diajukan oleh Apple. Perusahaan yang berkantor pusat di Cupertino, California ini mengajukan paten untuk sebuah smartphone dengan layar yang bisa dilipat.

Tentu saja, kabar tersebut sejalan dengan sebuah laporan sebelumnya yang mengemukakan bahwa Apple telah bekerjasama dengan LG. Dalam kerjasama tersebut, Apple bakal memproduksi iPhone dengan layar fleksibel racikan LG.

Apple sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan yang telah bermitra dengan LG dalam hal penggunaan teknologi layar. Apple juga dikabarkan akan berencana untuk melakukan investasi terhadap pabrik LG untuk memproduksi layar yang dilipat.

Apple iPhone Layar Dilipat

Kembali ke soal paten yang diajukan Apple, perangkat yang dirancang oleh Tim Cook ini adalah smartphone dengan layar yang bisa dibuka dan ditutup layaknya sebuah buku. Permohonan paten yang diajukan oleh Apple juga mencakup semua basis yang terdiri dari LCD, OLED, dan microLED.

iPhone dengan layar yang bisa dilipat ini diharapkan bisa hadir pada tahun 2021 mendatang. Pada saat itu, kemungkinan besar layar iPhone telah bertransformasi ke microLED yang tentunya disertai dengan keunggulan dari layar OLED yang sudah ada saat ini.

Namun, ada kemungkinan kita tidak akan pernah bisa melihat iPhone dengan layar yang bisa dilipat. Hal ini dikarenakan tidak semua yang dipatenkan oleh sebuah perusahaan lantas harus diproduksi. Bisa jadi cuma mengamankan paten saja.

Jika pun pada akhirnya Apple harus memproduksi iPhone dengan layar lipat, kita perlu menunggu lama hingga perangkat tersebut direalisasikan. Padahal, Samsung sudah mempersiapkan satu smartphone dengan layar yang bisa dilipat dan rencananya akan dirilis pada tahun depan.

Jadi, apakah Apple hanya akan sekadar mematenkan inovasinya tersebut atau akhirnya mereka tergerak untuk ikut memproduksi iPhone dengan layar lipat? Tentu saja kita bersama-sama akan menunggu gebrakan dari Apple terkait dengan hal itu.

(last edit: 26 November, 2017 / 7:40 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
22%
Mau
0%
Biasa Aja
11%
Payah!
71%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi

Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.