Connect with us
ZFMaxProM1
Tech News

Apple Ajukan Emoji Baru, Representasikan Penyandang Disabilitas

Published
Emoji Disabilitas Apple
Advertisement

Saat ini, obrolan yang menarik lewat aplikasi instant messenger tidak hanya sekadar berkirim pesan dalam bentuk teks. Tak sedikit orang mulai memanfaatkan aplikasi obrolan yang populer di internet dengan menyisipkan emoji. Harapannya dengan emoji yang dikirim, lawan bicara bisa lebih mengerti dari pembicaraan yang dilakukan.

Emoji yang cukup inovatif diperlihatkan oleh Apple yang hadir di iPhone X, yakni dengan memperkenalkan yang namanya Animoji. ikon-ikon dari emoji buatan Apple ini pun cukup beragam dan menariknya hadir dalam bentuk animasi yang bisa bergerak.

Tak mau kalah gesit, Samsung pun menghadirkan emoji yang tak kalah ciamik ke dalam Galaxy S9 dan S9+, dan kita mengenalnya dengan sebutan AR Emoji. Mengandalkan teknologi Augmented Reality, ikon-ikon AR Emoji dibuat berdasarkan wajah pengguna.

Namun, dari sekian banyak ikon emoji yang ada saat ini, belum banyak emoji yang merepresentasikan orang-orang disabilitas atau penyandang cacat. Untuk itulah, baru-baru ini Apple berinisiatif mengajukan 13 emoji aksesibilitas terbaru ke Unicode Consortium.

Diantara daftar emoji tambahan yang diajukan oleh Apple adalah Anjing Pembimbing dengan Harhess, Telinga dengan Alat Bantu Dengar, Orang dengan Kursi Roda Mekanis, Orang dengan Kursi Roda Manual, Lengan atau Kaki Mekanis, dan Anjing Pembimbing dengan Rompi dan Leash.

Emoji terbaru yang merepresentasikan disabilitas ini juga tersedia untuk jenis kelamin pria dan wanita. Semua opsi warna kulit juga tersedia, seperti yang sudah ada pada set emoji yang selama ini sering kita gunakan. Apple juga berharap, emoji ini benar-benar mewakili pengalaman para penyandang cacat.

Baca juga

Lantas, kapan emoji terbaru yang merepresentasikan orang-orang disabilitas ini bisa digunakan? Tentu saja setelah diajukan, proses selanjutnya Unicode Technical Committee akan mempelajari proposal yang diajukan oleh Apple. Diperkirakan, satu atau dua tahun dari sekarang emoji tersebut mulai tersedia dan dapat digunakan.

Comments

Wajib baca

Populer