Aplikasi Chat Lokal Catfiz Hadirkan Sticker dan Fitur Baru

Salah satu aplikasi messenger lokal yaitu Catfiz, pada tanggal 21 Juli telah melakukan pembaruan aplikasinya dari versi sebelumnya 2.1.0 ke versi 2.2.0. Update Catfiz di Google Play tersebut menunjukan eksistensi aplikasi chat karya Indonesia ini untuk tidak mau kalah bersaing dengan aplikasi-aplikasi besutan luar di pasar global messenger. Lalu, apa saja fitur Catfiz yang diusung pada versi terbarunya ini?

Tirta Agni go to school

backtoschool

Pada versi terdahulu, Catfiz masih menggunakan emoticon standar chatting yang sudah umum sering kita lihat. Sedangkan pada versi update 2.2, Catfiz memperkenalkan sticker emo dua maskot kebanggaan mereka, yaitu si Tirta dan si Agni.

Tirta digambarkan sebagai seorang bocah laki-laki yang berkepribadian lembut mewakili unsur air, sedangkan Agni digambarkan seorang wanita dengan rambut berwarna merah dan berkepribadian sedikit kasar mewakili unsur api. Jika diperhatikan kedua unsur tersebut bisa sedikit disimpulkan bahwa kedua sifat tadi mewakili kepribadian pengguna media sosial saat ini.

2

Dari desain Catfiz juga terlihat bahwa aplikasi ini dirancang semi media sosial yang membungkus personal messenger. Sehingga kehadiran maskot sticker Tirta dan Agni menjadi pesan tersembunyi yang mewakili messenger aplikasi tersebut.

Selain Agni dan Tirta sticker dengan tema “back to school”, terdapat halaman sticker store di versi ini. Dari sini sudah bisa kita tebak bahwa nantinya akan ada sticker yang akan diperjualbelikan pada aplikasi Catfiz.

Halaman pertemanan

add

Catfiz versi 2.2 juga memiliki halaman khusus pertemanan yang dimunculkan dalam tab baru. Dari fitur ini terlihat bahwa Catfiz berusaha mempermudah pertemanan baik itu berupa pencarian pertemanan maupun penambahan pertemanan. Pada versi sebelumnya, fitur ini dikemas dalam navigation menu dan sekarang hadir pada tab tersendiri.

Selain itu tombol “add friend” juga tampak ditonjolkan di bagian sisi kanan bawah pada tab petemanan ini. Sehingga mempermudah user dalam menambah pertemanan.

Untuk pertemanan sendiri, Catfiz masih menggunakan ID berupa QR Code, NIC, atau username menggunakan @ di depan nama username, serta yang terbaru di versi ini yaitu sync contact. Fitur sync contact ini sendiri akan memberitahukan pengguna catfiz jika ada pengguna lain yang masuk dalam list contact-nya sedang menggunakan Catfiz sehingga bisa langsung ditambahkan sebagai teman.

User juga bisa melakukan add friend berdasarkan nomor telepon user lainnya. Sementara itu fitur-fitur unggulan Catfiz pada versi yang lalu masih tetap dipertahankan seperti share serta send file hingga 500 MB, fitur group hingga 2.000 member, serta teknologi fizzlink yang mampu melakukan streaming dan forward tanpa harus re-upload ulang.

(last edit: 24 July, 2016 / 10:36 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
86%
Mau
0%
Biasa Aja
14%
Payah!
0%
About The Author
Mohamad Fahmi
Pengguna Huawei Mate 9. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.