APK Pokemon GO Disuntik Malware, Gamer Wajib Waspada

Game Pokemon GO sedang naik daun saat ini. Belum dirilis secara global, game besutan Nintendo dan Niantic ini sudah banyak dimainkan gamer di berbagai negara. Mereka men-download dan meng-install APK Pokemon GO yang tersedia di beberapa sumber.

Jika Anda adalah salah seorang yang berencana men-download APK Pokemon GO, Anda wajib berhati-hati. Menurut laporan dari Proofpoint, pihaknya mendapati adanya malware yang "disuntikkan" ke dalam file APK Pokemon GO. Jika tetap ingin men-download APK-nya, pastikan Anda mengunjungi web terpercaya.

Malware bernama DroidJack yang hinggap di APK Pokemon GO ini bisa meng-install backdoor untuk mengontrol smartphone pengguna. DroidJack bisa membuat panggilan telepon, SMS, rekaman suara, kontak telepon, hingga mengaktifkan atau memutus koneksi WiFi.

Proofpoint menambahkan, malware DroidJack sudah disebar 72 jam sejak Pokemon GO dirilis secara resmi di Australia dan Selandia Baru. Dengan begitu tenarnya game Pokemon GO yang belum tersedia resmi secara global, sudah sewajarnya bila ada pihak yang tidak bertanggung jawab ingin mengambil kesempatan meretas data para pengguna smartphone.

(last edit: 12 July, 2016 / 12:15 pm)

Artikel menarik lainnya

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
58%
Mau
6%
Biasa Aja
6%
Payah!
31%
About The Author
Romi Hidayat
Pengguna ASUS ZenFone AR dan Apple iPhone 7 Plus. Mengawali karir sebagai jurnalis dan Lab Coordinator untuk majalah CHIP Indonesia hingga 2014. Selanjutnya ia bekerja di Jalantikus dan kini menjadi salah satu Co-founder DroidLime.