Connect with us
Tech News

Apa Hebatnya Helio P35 yang Jadi Otak Xiaomi Mi Play?

MediaTek baru-baru ini telah merilis Helio P35. Adalah Xiaomi yang pertama kali menggunakan chipset tersebut untuk menjadi otak dari Mi Play. Lantas, apa daya tarik dari Helio P35 ini?

Updated

Xiaomi secara resmi telah memperkenalkan smartphone barunya di penghujung tahun 2018 ini. Smartphone tersebut datang dengn nama Xiaomi Mi Play dan di dalamnya sudah bercokol chipset terbaru besutan MediaTek, yakni Helio P35.

Hingga saat ini, satu-satunya bocoran yang pernah beredar terkait Helio P35 pernah muncul pada tahun 2016 lalu. Dari bocoran tersebut terungkap bahwa Helio P35 akan diproduksi dengan teknologi fabrikasi 10 nanometer dan akan diumumkan kehadirannya pada kuartal ketiga tahun 2017.

Ternyata bocoran tersebut salah besar. Tidak hanya salah mengenai waktu kedatangannya, tetapi juga salah mengenai teknologi fabrikasi yang dipakai. Helio P35 merupakan chipset Octa-core yang dibangun dengan teknologi FinFET 12 nanometer milik TSMC.

Satu hal yang menarik, kedelapan inti yang dimuat semuanya adalah core Cortex-A53 yang memiliki clock speed 2,3 GHz. Perlu diketahui, Snapdragon 630 milik Qualcomm juga menggunakan jenis dan jumlah inti yang sama, tetapi memiliki clock speed sedikit lebih rendah, yakni 2,2 GHz.

Tak hanya menawarkan kinerja yang lebih baik, Helio P35 juga menyajikan daya tahan baterai yang lebih lama. Pasalnya, chipset ini menggunakan teknologi fabrikasi 12 nanometer. Ya! Berbeda dengan Snapdragon 630 yang dibangun menggunakan teknologi fabrikasi 14 nanometer.

Berbicara soal GPU yang dibenamkan, Helio P35 telah memuat PowerVR GE8320. GPU ini sama persis dengan yang ada pada Helio P22, tetapi clock-nya lebih tinggi, yakni 680 MHz. Selain itu, MediaTek juga sesumbar bahwa Helio P35 mendukung layar FullHD+ dan aspek rasio 20:9.

Sebagai tambahan, chipset terbaru milik MediaTek ini juga mendukung RAM LPDDR3 dan LPDDR4x (4 GB dan 6 GB) serta eMMC 5.1. Untuk kebutuhan fotografi, Helio P35 mendukung dual-camera 13 MP atau kamera tunggal 25 MP lengkap dengan fitur Bokeh, EIS dan RSC.

Baca juga

Helio P35 juga mendukung AI Face ID, album foto pintar dan pengurangan noise multi-frame. Chipset ini pun memiliki WiFi dual-band, Bluetooth 5.0, VoLTE dan ViLTE. Sayangnya, selain Mi Play, MediaTek belum mengonfirmasi smartphone mana saja yang tertarik untuk memakai Helio P35.

Comments

Populer