Connect with us
Tech News

Android Q akan Bawa Fitur 3D Touch

Apple sudah lebih dulu memperkenalkan fitur 3D Touch dan kini Google kepincut untuk memakai fitur serupa. Ya! Hal ini diumbar oleh Google lewat dokumentasi Android Q yang sudah disebarluaskan.

Updated

Pada tahun ini, Google akan merilis sistem operasi Android terbarunya, yakni Android Q. Ya! Seperti biasanya, raksasa teknologi asal Mountain View tersebut masih enggan untuk menginformasikan “nama resmi” dari sistem operasi mobile terbarunya itu.

Namun satu hal yang menarik, Google tidak pernah menutup informasi mengenai fitur-fitur terkini yang bakal di tanam ke dalam sistem operasi mobile buatannya itu. Tidak terkecuali, Google juga melakukannya pada Android Q yang diperkirakan akan dirilis secara penuh pada bulan Agustus 2019 nanti.

Ya! Menurut dokumentasi Android Q yang sudah disebarluaskan oleh Google, sistem operasi mobile berikutnya ini secara native akan mendukung fitur “deep press”. Tak sedikit yang memperkirakan, fitur baru ini dikenal sebagai Force Touch atau 3D Touch di dalam iOS.

Dari tampilannya, ini akan memiliki kesamaan seperti fitur 3D Touch yang ada pada iPhone. Hanya saja, Google menjanjikan bahwa fungsionalitasnya akan ditingkatkan. Selain itu, fitur ini juga dimuat ke dalam layar yang memiliki kepekaan tinggi terhadap tekanan.

Sejauh ini, memang telah ada beberapa implementasi fitur “deep press” dalam bentuk kustom, tetapi Android Q akan membawa dukungan yang lebih orisinil alias asli. Sayangnya, Google belum sama sekali menjabarkan bagaimana kerja fitur tersebut dan penerapannya ke dalam Android Q.

Baca juga

Bahkan belum diketahui, apakah Google nantinya akan memerlukan perangkat keras tambahan di bawah layar untuk merasakan tekanan atau sepenuhnya berbasis software. Oleh sebab itu, kita tunggu saja bocoran-bocoran selanjutnya mengenai Android Q yang kini sudah bisa dinikmati oleh pengguna Pixel.

Comments

Populer