/ Xiaomi

Resmi Dirilis, Android One Xiaomi Mi A1 Segera Sambangi Indonesia

Hari ini (05/09) DroidLime berkesempatan langsung hadir di India untuk menyaksikan peluncuran Mi A1 hasil kerjasama antara Xiaomi dan Google. Perangkat yang satu ini membawa hardware serupa Mi 5X, namun yang membuatnya berbeda adalah sistem operasinya yang menggunakan Android, bukan MIUI.

Xiaomi Mi A1 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 625 octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD. Baterai berkapasitas 3.080 mAh dengan dukungan fast charging dan port USB Type-C turut dihadirkan di dalam smartphone ini.

mia1 02

Untuk layarnya memiliki lebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD, berteknologi LTPS IPS LCD, dan dilindungi kaca antigores Corning Gorilla Glass. Salah satu fitur andalannya terdapat pada dual-camera utama dengan kombinasi kamera wide-angle beresolusi 12 MP yang dapat menghasilkan foto panorama dan kamera telephoto 12 MP yang dapat menghasilkan foto dengan 2x optical zoom. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP.

Berkat hadirnya dual-camera utama ini memungkinkan penggunanya dapat menghasil foto berefek bokeh, bahkan foto layaknya menggunakan DSLR. Xiaomi mengklaim bahwa hasil foto dual-camera Mi A1 mirip dengan yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus. Bahkan Xiaomi berani membandingkan hasil foto bokeh Mi A1 dengan iPhone 7 Plus dan OnePlus 5. Xiaomi mendefinisikan bahwa hasil efek bokeh dan pemotongan tepinya lebih bagus dibandingkan kedua smartphone saingannya ini.

mia1 03

Hal yang belum pernah ada di smartphone Xiaomi lainnya adalah tidak hadirnya MIUI dan digantikan dengan sistem operasi Android murni. Hal ini bisa terjadi karena Android One sendiri merupakan proyek dari Google untuk menyediakan smartphone terjangkau di berbagai negara, namun memiliki spesifikasi hardware yang bagus.

Selain itu, dukungan upgrade sistem operasi Android pada Xiaomi Mi A1 akan terjamin karena merupakan proyek Android One. Biasanya dukungan ini akan berlaku selama waktu dua tahun. Nantinya Mi A1 akan mendapatkan upgrade dari Android 7.1.2 Nougat ke sistem operasi Android 8.0 Oreo. Agar dual-camera utama pada Mi A1 berjalan optimal, Xiaomi turut menyematkan aplikasi MIUI camera lengkap dengan fitur Beautify 3.0 dan Smart Beautify.

Xiaomi Mi A1 Indonesia

Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, bodi berbahan logam, Bluetooth, dan sensor fingerprint pada bagian belakang telah hadir di dalamnya. Sementara itu, pada salah satu slide presentasinya, Xiaomi memperlihatkan berbagai negara mulai dari kawasan Asia Pasifik, Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika yang akan kedatangan Mi A1.

Menariknya Indonesia menjadi salah satu negara yang akan disambangi smartphone ini. Kemungkinan besar smartphone ini akan hadir di Indonesia antara dua atau tiga minggu ke depan. Pada 12 September nanti, Xiaomi Mi A1 akan dijual perdana di India dengan harga 14.999 Rupee atau setara Rp3,1 jutaan melalui mi.com dan Flipkart.

(last edit: 5 September, 2017 / 7:38 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
80%
Mau
9%
Biasa Aja
4%
Payah!
7%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.