Android Marshmallow Masih Sepi Pengguna, KitKat Juaranya

Google kembali melakukan update untuk grafik distribusi Android terbaru. Peningkatan yang lumayan terlihat ada pada Android versi terbaru Marshmallow dimana pada bulan lalu diadopsi oleh 0,7% dari device secara global yang kini naik ke angka 1,2%.

Meskipun kenaikan ini terbilang lumayan, namun jika dilihat pada umurnya yang sudah empat bulan, distribusi Android 6.0 Marshmallow ini masih terbilang lesu. Hal ini dikarenakan update Android Marshmallow ini belum banyak beredar dan rata-rata hanya smartphone flagship saja yang mendapatkannya saat ini.

android-distribution-chart-2

Dari posisi grafik distribusi yang dirilis oleh Google, Android KitKat masih menguasai pasar smartphone untuk saat ini dengan porsi 35,5% diikuti oleh Lollipop di angka 34,1%. Memang beberapa jenis smartphone entry-level kebanyakan menggunakan Android versi 4.4. Yang cukup mengejutkan adalah Android Jelly Bean yang lahir pada tahun 2012 namun masih memiliki pengguna setianya sebesar 23,9%.

Jika dilihat dari grafik sebelumnya, versi yang mengalami peningkatan adalah versi Marshmallow dan Lollipop. Lollipop sendiri meningkat dari 29,5% di bulan Desember, menuju 32,6 % pada grafik sebelumnya dan hingga saat ini mencapai 34,1%. Tampaknya Lollipop ini memakan kue dari KitKat yang hampir terkejar karena porsinya yang terus menurun.

(last edit: 4 February, 2016 / 12:18 pm)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
67%
Mau
0%
Biasa Aja
12%
Payah!
21%
Tentang Penulis
Ryan Fibrian
Pengguna iPhone7 dan Samsung Galaxy Tab S2. Memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan IT. Memulai karir menulisnya di CHIP Indonesia pada tahun 2010 dan kini menjadi reviewer dan content writer di DroidLime.