Android 8.0 Oreo Versi Custom ROM Sudah Dirilis untuk Smartphone Lawas

Google sukses memperkenalkan Android Oreo bertepatan dengan momen gerhana matahari total di Amerika Serikat yang jatuh pada 21 Agustus 2017. Berbagai vendor smartphone seperti BlackBerry, HTC, Nokia, dan Sony telah mengonfirmasi kalau sebagian perangkat buatan merekan akan mendapatkan upgrade sistem operasi Android tersebut.

Dikabarkan smartphone keluaran tahun 2015 ke bawah tidak akan mendapatkan upgrade Android 8.0 Oreo. Namun bagi Anda yang memiliki smartphone keluaran 2015 tersebut tidak perlu kecewa karena Android 8.0 Oreo masih dapat tetap dipasang dengan menggunakan custom ROM. XDA Developers sebagai komunitas terbesar para developer Android baru saja mengembangkan Android 8.0 custom ROM.

Nantinya custom ROM ini akan terbagi menjadi dua bagian yang terdiri dari AOSP Oreo ROM dan Lineage OS 15 ROM. Kemungkinan besar ROM yang telah dibuat tidak berfungsi dengan sangat stabil pada beberapa smartphone. Bagi Anda yang memiliki smartphone namun tidak mendapat Oreo resmi dan benar-benar penasaran ingin mencicipi Oreo maka dapat melihat daftar perangkat yang mendapatkan custom ROM dari XDA Developers ini.

AOSP Oreo Custom ROM sendiri akan tersedia untuk beberapa perangkat yang bisa dibilang lawas, seperti ASUS ZenFone 5, LG Nexus 5, OnePlus One, Motorola Nexus 6, Sony Xperia SP, Xperia TX, Xperia V, Xperia T, Samsung Galaxy S6, Galaxy Note 10.1 2014, Xiaomi Redmi Note 3 Snapdragon edition, Mi Max, Mi 3, Mi 4, dan Mi 5. Bahkan OnePlus 5 terbaru saja mendapatkan experimental basis AOSP Oreo ini.

Sementara Lineage OS 15.0 ROM tersedia juga untuk HTC One M8, One M8 Dual SIM, ASUS ZenFone 2 Laser, ZenFone Selfie, LeEco LE Max 2, Lenovo VIBE K5 Plus, Moto X 2014, Moto E (2015), Moto G, Moto G 4G model 2013, Moto G 2014 LTE, Moto G 2015, Moto G5 Plus, HTC Nexus 9 WiFi, OnePlus X, OnePlus 2, OnePlus 3, OnePlus 3T, Samsung Galaxy Tab S2, Sony Xperia M2, Xiaomi Redmi 3, Redmi Note 4, Mi 4C, Mi 5S, Mi 5S Plus, dan Yu Yunique.

Bisa dibilang perangkat mobile yang didukung kedua custom ROM dari XDA Developers ini cukup banyak. Sementara itu, Android 8.0 Oreo resmi telah memasuki tahap seeding untuk Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C, Pixel, dan Pixel XL. Di sisi lain, dikabarkan bahwa Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL akan menjadi smartphone pertama di dunia yang sudah menggunakan Android 8.0 Oreo di dalamnya secara default. Jika tidak ada halangan, kedua smartphone baru Google ini akan diluncurkan pada tanggal 5 Oktober 2017.

(last edit: 12 September, 2017 / 10:08 am)

Bagaimana menurut Anda?
Keren!
82%
Mau
2%
Biasa Aja
2%
Payah!
14%
Tentang Penulis
Mohamad Fahmi
Pengguna Xiaomi Mi 6. Senang dengan dunia teknologi dan web, saat ini menjadi salah satu Co-founder di DroidLime.