Connect with us
ZFLive
Tech News

Android 8.0 Oreo Versi Custom ROM Sudah Dirilis untuk Smartphone Lawas

Droidlime.com,

/

Google sukses memperkenalkan Android Oreo bertepatan dengan momen gerhana matahari total di Amerika Serikat yang jatuh pada 21 Agustus 2017. Berbagai vendor smartphone seperti BlackBerry, HTC, Nokia, dan Sony telah mengonfirmasi kalau sebagian perangkat buatan merekan akan mendapatkan upgrade sistem operasi Android tersebut.

Dikabarkan smartphone keluaran tahun 2015 ke bawah tidak akan mendapatkan upgrade Android 8.0 Oreo. Namun bagi Anda yang memiliki smartphone keluaran 2015 tersebut tidak perlu kecewa karena Android 8.0 Oreo masih dapat tetap dipasang dengan menggunakan custom ROM. XDA Developers sebagai komunitas terbesar para developer Android baru saja mengembangkan Android 8.0 custom ROM.

Nantinya custom ROM ini akan terbagi menjadi dua bagian yang terdiri dari AOSP Oreo ROM dan Lineage OS 15 ROM. Kemungkinan besar ROM yang telah dibuat tidak berfungsi dengan sangat stabil pada beberapa smartphone. Bagi Anda yang memiliki smartphone namun tidak mendapat Oreo resmi dan benar-benar penasaran ingin mencicipi Oreo maka dapat melihat daftar perangkat yang mendapatkan custom ROM dari XDA Developers ini.

AOSP Oreo Custom ROM sendiri akan tersedia untuk beberapa perangkat yang bisa dibilang lawas, seperti ASUS ZenFone 5, LG Nexus 5, OnePlus One, Motorola Nexus 6, Sony Xperia SP, Xperia TX, Xperia V, Xperia T, Samsung Galaxy S6, Galaxy Note 10.1 2014, Xiaomi Redmi Note 3 Snapdragon edition, Mi Max, Mi 3, Mi 4, dan Mi 5. Bahkan OnePlus 5 terbaru saja mendapatkan experimental basis AOSP Oreo ini.

Sementara Lineage OS 15.0 ROM tersedia juga untuk HTC One M8, One M8 Dual SIM, ASUS ZenFone 2 Laser, ZenFone Selfie, LeEco LE Max 2, Lenovo VIBE K5 Plus, Moto X 2014, Moto E (2015), Moto G, Moto G 4G model 2013, Moto G 2014 LTE, Moto G 2015, Moto G5 Plus, HTC Nexus 9 WiFi, OnePlus X, OnePlus 2, OnePlus 3, OnePlus 3T, Samsung Galaxy Tab S2, Sony Xperia M2, Xiaomi Redmi 3, Redmi Note 4, Mi 4C, Mi 5S, Mi 5S Plus, dan Yu Yunique.

Bisa dibilang perangkat mobile yang didukung kedua custom ROM dari XDA Developers ini cukup banyak. Sementara itu, Android 8.0 Oreo resmi telah memasuki tahap seeding untuk Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C, Pixel, dan Pixel XL. Di sisi lain, dikabarkan bahwa Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL akan menjadi smartphone pertama di dunia yang sudah menggunakan Android 8.0 Oreo di dalamnya secara default. Jika tidak ada halangan, kedua smartphone baru Google ini akan diluncurkan pada tanggal 5 Oktober 2017.

Advertisement
Comments
Tech News

BlackBerry Ghost Hadir Pertengahan Tahun ini, Debutan di Pasar India

Published

on

Pada bulan Februari 2018 lalu tersiar kabar yang di-posting oleh Evan Blass lewat akun Twitter miliknya bahwa smartphone BlackBerry premium berbasis Android tanpa bingkai akan meluncur di India. Disebut-sebut smartphone itu akan hadir dengan nama BlackBerry Ghost. Informasi terbaru mengenai smartphone tersebut kembali diungkap oleh Evan, masih lewat cuitannya di Twitter. Disebutkan oleh Evan pemilik akun @evleaks bahwa BlackBerry Ghost akan hadir pada musim panas tahun ini atau tepatnya pertengahan tahun 2018. Adalah Optiemus Infracom yang bakal memegang lisensi merek BlackBerry di India yang bertanggung jawab merancang sekaligus memproduksi smartphone tersebut. Jadi bisa dikatakan, debutan BlackBerry Ghost akan berawal dari...
Continue Reading
Tech News

Kotak Ritel ini Ungkap Sebagian Spesifikasi dan Fitur Xiaomi Mi 8

Published

on

Seperti kita ketahui, pada tanggal 31 Mei 2018 nanti Xiaomi bakal menggelar sebuah acara. Disebut-sebut, dalam acara itu Xiaomi akan memperkenalkan Mi 8 yang hadir sebagai "kado istimewa" dalam rangka ulang tahun Xiaomi ke-8. Menariknya belum juga diluncurkan, bocoran smartphone ini sudah ramai di jagat maya. Bocoran terbaru yang tak kalah menarik adalah munculnya foto-foto kotak ritel Mi 8. Memiliki balutan warna hitam, kotak ritel ini sepertinya terlihat lebih besar dari kebanyakan kota ritel smartphone Xiaomi lainnya. Tak hanya itu, lewat kotak ritel itu pun kita bisa melihat sebagian spesifikasi hardware dari Mi 8. Ya! Smartphone ini akan datang dengan...
Continue Reading
Tech News

Dongkrak Kinerja, Motorola akan Hadirkan Moto G6 Plus dengan Otak Snapdragon 660

Published

on

Belum lama ini Motorola telah merilis Moto G6 Series. Salah satu seri Moto G6 yang diperkenalkan adalah Moto G6 Plus. Otak yang ditanam ke dalam smartphone ini adalah Snapdragon 630 Octa-core dengan clock speed 2,2 GHz. Melihat chipset yang dibenamkan, pantas jika G6 Plus diposisikan sebagai smartphone kelas menengah. Namun, baru-baru ini beredar sebuah bocoran yang menyebutkan bahwa Motorola akan mendongkrak kinerja Moto G6 Plus dengan membenamkan chipset Snapdragon 660. Seperti kita ketahui, chipset ini begitu populer dan sudah bercokol di sejumlah smartphone yang lebih dulu beredar di pasaran, seperti Vivo X21 dan OPPO R15. Memiliki performa yang terbilang sangat...
Continue Reading

Wajib baca

Populer